News

Ada Temuan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Paluta Tidak Rekomendasikan PSU

PALUTA, FaseBerita.ID – Adanya temuan pelanggaran Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) disinyalir tidak ditangani dengan baik oleh pihak Bawaslu Kabupaten Paluta.

Diketahui, temuan pelanggaran Pemilu yang terjadi adalah penggunaan hak pilih atau penggunaan surat undangan (C6) oleh orang yang tidak sesuai dengan nama yang tertera di surat C6 dan melakukan pencoblosan pada 17 April lalu tepatnya di TPS 6 Desa Sipaho, Kecamatan Halongonan.

Dari keterangan salah seorang anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Halongonan, Johan K Harahap menyebutkan bahwa pihaknya sebelumnya sudah menerima informasi ini dari pihak Bawaslu Paluta dan sudah melakukan koordinasi untuk melakukan penyelidikan dan klarifikasi terhadap masyarakat terlapor dan pihak yang dirugikan.

“Sudah ada klarifikasi dan penyelidikan ke lapangan oleh staf Bawaslu yang berkoordinasi dengan kita beberapa hari yang lalu dan ditemukan ada pelanggaran Pemilu di desa Sipaho tepatnya di TPS 6,” ujarnya, Sabtu (27/4) sekitar pukul 15.00 WIB.

Dari hasil klarifikasi terkait kebenaran hasil penyelidikan tersebut, ia menyatakan bahwa pihaknya juga sudah melakukan klarifikasi ulang pada 25 April lalu dengan sejumlah pihak yang dimintai keterangan dan dari hal tersebut diketahui di TPS 6 desa Sipaho, kecamatan Halongonan sudah layak dan memenuhi syarat untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU).

Namun, hingga saat ini pihaknya belum menyampaikan rekomendasi untuk pelaksanaan PSU akibat anggota Panwascam Halongonan lainnya tidak mau menandatangani rekomendasi dan bahkan salah seorang anggota Panwascam sudah tidak diketahui keberadaannya hingga saat ini.

1 2 3Laman berikutnya