News

Ada Semburan Asap di Alun-alun Sipirok, Diduga Titik Panas Bumi

TAPSEL, FaseBerita.ID– Masyarakat sempat kaget dengan kepulan asap yang menyembur dari dalam tanah di sekitar Taman terbuka hijau atau alun alun Sipirok, Kabupaten Tapsel, Kamis (8/4).

“Diduga asap itu mengandung belerang,” ucap Camat Sipirok, Sardin Hasibuan menjawab pertayaan awak media melalui telepon selulernya.

Dikatakan, pada Kamis (8/4), asap yang diduga merupakan bagian dari gas alam atau panas bumi itu, pertama sekali dilihat oleh warga yang lalu lalang.  Dimana, pada suasana pagi dengan cuaca sejuk, kepulan asap sangat jelas kelihatan.

“Warga itu lantas melaporkan kepada Polsek,” ucapnya seraya menjelaskan kejadian itu sempat membuat warga ramai menyaksikan kejadian itu. Dan,  sejumlah aparat pun turun dan membuat garis polisi, guna mengantisipasi hal yang di luar dugaan, sebelum turunnya tim ahli terkait hal itu.

“Perwakilan dari Sarulla (PT SOL red) juga sudah meninjau,” ungkapnya.

Robin Marpaung (55) salah seorang warga Pasar Sipirok mengaku kaget dengan hal itu. Menurutnya, pemandangan seperti itu tak pernah disaksikan di sekitar alun alun itu (sebelumnya lokasi pasar tradisional Sipirok).

“Baru kali ini saya melihat dan mengetahui ada kepulan asap dari tanah di situ,” ucapnya.

Namun, diakuinya di wilayah Sipirok memang ada beberapa kawah yang selalu mengeluarkan kepulan asap dan juga mengeluarkan aroma beleranga. Selain itu, ada juga beberapa titik air panas alami, yang keluar dari bumi. (ran/fabe)

USI