News

Abang Adik Duel Lawan Maling

TAPTENG, FaseBerita.ID – Dua abang beradik mengeroyok pria yang memasuki rumah mereka. Meski sempat kewalahan, dengan bantuan warga, akhirnya maling bisa dibekuk.

Aksi pria yang babak-belur di hajar warga, dipergoki pemilik rumah di Lingkungan IV Kelurahan Sibuluan Nalambok, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu (4/9/2019). Beruntung aksi main hakim sendiri warga berhasil dicegah aparat keamanan dan langsung membawa pria itu ke Maplosek Pandan.

Adalah Hendrik Halawa (29) warga Kelurahan Sibuluan Nauli, Kecamatan Pandan, yang melakukan percobaan pencurian di rumah Zainal Arifin Sikumbang (67), di Gang Karya Lingkungan IV Kelurahan Sibuluan Nalambok.

Informasi dihimpun, Hendrik melancarkan aksinya dengan menyelinap masuk melalui tangga samping kanan rumah menuju lantai dua. Setelah masuk, ia turun ke lantai dasar melalui jendela yang belum ada jerajaknya. Saat itu, seluruh penghuni rumah tertidur.

“Kejadian dini hari sekitar pukul 04.00,” kata Khairul Nasir Chaniago, salah seorang anak Zainal.

Khairul menuturkan, Hendrik yang beraksi sendirian tepergok saat ia terbangun dari tidurnya, karena mendengar suara berisik yang berasal dari lantai dua. Ketika hendak keluar kamar, Khairul melihat seseorang masuk ke ruang depan (ruangan mesin jahit). Khairul mengira orang itu adiknya, Firmansyah Chaniago. Namun Khairul curiga setelah melihat adiknya masih tertidur pulas.

“Kecurigaan saya muncul setelah melihat adik saya masih tertidur pulas di tempat tidur,” timpal Khairul.

Curiga ada maling masuk ke rumah, Khairul membangunkan bapaknya, Zainal.  Bersama adiknya, Khairul mengepung maling tersebut. Pelaku sempat menendang dan memukul kepala belakang Zainal menggunakan tang. Sembari berusaha meringkus pelaku, kedua kakak beradik tersebut berteriak minta tolong.

Seketika, warga sekitar berdatangan dan beramai-ramai menangkap pelaku. Setelah meringkus pelaku,  warga melancarkan aksi main hakim sendiri hingga pelaku babak-belur. Beberapa saat berselang, Serma N Munthe, Babinsa Koramil 03 Pandan, dan personil dari Polsek Pandan tiba di lokasi kejadian dan mengamankan pelaku serta membawanya ke Polsek Pandan.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Hendrik dengan muka lebam di wajah diinapkan di hotel prodeo milik Polsek Pandan.  Sementara Zainal yang mengalami luka lebam di kepala belakang dibawa ke RSUD Pandan.

Hingga berita ini dikirimkan, belum diperoleh keterangan resmi dari pihak Polsek Pandan dan Polres Tapteng. (ztm/osi)