News

8.292 Calhaj Sumut Lunasi BPIH, Kuota Tutup

MEDAN, FaseBerita.ID – Kementerian Agama (Kemenag) Sumut memastikan, seluruh calon jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini, telah melakukan pelunasan. Dengan demikian, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Sumut telah menggenapi kuota 8.292.

“Setelah pelunasan tahap ketiga memang masih ada sisa. Tapi karena ada kuota cadangan, jadi akan menutup sisa yang belum lunas. Jadi cadangan ini yang menggantinya, otomatis dia. Jadi sudah lunas semua,” ungkap Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumentasi Haji, Erinofa kepada Sumut Pos, Minggu (16/6/2019).

Untuk saat ini, kata Erinofa, kuota tersisa telah ditutup oleh kuota cadangan yang berjumlah 162 orang. Kuota cadangan ini, seluruhnya telah melakukan pelunasan. “Walaupun nanti ada yang batal, ada yang meninggal, ada yang menunda, cadangan ini yang akan mengisi,” ucapnya.

Menjelang keberangkatan calon jamaah haji, menurut Erinofa, Kemenag Sumut saat ini tengah mempersiapkan paspor para jamaah. “Paspor jamaah kita terima dari Kabupaten/kota lalu kita proses disini (Kemenag Sumut), selanjutnya kita bawa ke Jakarta untuk dipisah. Sampai hari ini kita belum bawa paspor ke Jakarta, masih kita proses,” jelasnya.

“Pemasangan stikernya, kloternya, fotonya belum final. Kalau sudah siap kloter-kloternya, barulah secara bertahap kita bawa ke Jakarta,” sambung Erinofa.

Erinofa memastikan, dalam pekan ini akan membawa tiga sampai empat kloter ke Jakarta. “Sesuai dokumen yang kita terima dari Kabupaten/kota, apabila kelengkapan dokumennya lengkap itu yang kita dulukan untuk diproses dan dibawa ke Jakarta,” pungkasnya.

Sementara, untuk jadwal pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Embarkasi Medan, Kloter 1 masuk ke Asrama tanggal 11 Juli 2019 dan berangkat tanggal 12 Juli 2019. Kemudian di ikuti Kloter 2 sampai Kloter 22. (man/smg)