News

630 Keping e-KTP Dimusnahkan Disdukcapil Asahan

FaseBerita.ID – Sebanyak 630 keping Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) yang rusak atau invalid, dibakar atau dimusnahkan oleh pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan, di lingkungan kantornya, Jumat (6/11).

Pemusnahan dilakukan Kepala Disdukcapil Kabupaten Asahan Drs H Supriyanto MPd didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Drs Ruskamil, dan beberapa Kepala Bidang.

Supriyanto mengatakan, pemusnahan KTP-el yang rusak atau invalid tersebut sesuai Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri (SE Kemendagri) Nomor 470.13/11176/SJ tentang penatausahaan KTP-el rusak atau invalid.

“Yang kita musnahkan sekitar 630 keping KTP-el yang rusak atau invalid dengan cara dibakar. Pemusnahan ini dalam rangka tertib administrasi dan sebagai upaya peningaktan kualitas pelayanan kewaspadaan dalam sistem administrasi kependudukan. Serta untuk menghindari penyalahgunaan KTP-el yang rusak atau invalid tersebut,” ungkap Supriyanto.

Supriyanto juga mengatakan, dengan adanya pemusnahan, diharapkan tidak ada upaya penyalahgunaan KTP-el yang rusak tersebut. Sebab KTP-el yang rusak sudah diganti.

“Memang ada kerusakan atau mengganti status, pindah tempat tinggal, hingga perubahan foto dengan yang terbaru. Setelah diganti, KTP-el yang lama tidak terpakai. Sehingga sesuai Surat Edaran Kemendagri harus dimusnahkan. KTP-el yang kita musnahkan ini hasil pencetakan tahun 2012 sampai 2020,” terangnya.

Suprianto menambahkan pihaknya melakukan pengawalan dalam pemusnahan KTP-el di semua kecamatan di Kabupaten Asahan.

“Kita melakukan pengawalan dalam pemusnahan KTP-el yang rusak atau Invalid dengan cara memotong dan membakarnya di semua daerah. Usai melakukan pemusnahan, dilakukan pembuatan berita acaranya,” ujarnya. (per)

iklan usi