News

6 Rumah Terbakar di Suka Mulia Kecamatan Portibi

PALUTA, FaseBerita.ID– Kebakaran melanda pemukiman warga di Desa Rondaman Lombang, Suka Mulia, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sekira pukul 10.30 WIB, Rabu (1/7).

Akibat kebakaran tersebut, sebanyak enam rumah menjadi korban kebakaran dengan rincian dua unit rumah ludes terbakar rata dengan tanah, satu unit rusak terbakar berat dan tiga unit lagi mengalami kerusakan ringan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kabupaten Paluta Darman SSos didampingi Kabid Damkar Paranginan Simatupang menyampaikan pihaknya menerima informasi peristiwa kebakaran tersebut dari masyarakat sekitar pukul 11.15 WIB.

Dikatakannya, pihaknya langsung menurunkan 5 unit mobil pemadam kebakaran beserta puluhan personil petugas pemadam kebakaran. “Kita menurunkan seluruh mobil pemadam sebanyak 5 unit beserta puluhan personil kita,” ujarnya.

Tambahnya, api dapat dipadamkan sekitar 45 menit atau sekitar pukul 12.05 WIB dengan bantuan dari masyarakat sekitar bersama pihak kepolisian dan TNI.

Ia menambahkan, untuk dugaan sementara, sumber api berasal dari hubungan arus pendek atau korsleting. Tidak ada korban jiwa dan kerugian ditaksir mencapai Rp500 juta.

“Api diduga berasal dari arus pendek. Tidak ada korban jiwa dan saat ini petugas kepolisian dan personil kita sedang melakukan penyelidikan dan membantu masyarakat membersihkan dan memadamkan sisa api,” jelasnya.
Terpisah, salah seorang warga sekitar S Harahap menyebutkan bahwa awalnya api berasal dari salah seorang korban Ronal Sihombing. Kemudian, akibat angin yang cukup kencang, api menjalar kerumah warga yang ada di sekitarnya.

Senada disampaikan warga lainnya, Hendra Rambe. Katanya, dalam peristiwa itu setidaknya enam rumah menjadi amukan si jago merah. “Enam rumah bang, tiga rusak berat dan tiga lagi rusak ringan,” kata Hendra Rambe saat dikonfirmasi Metro Tabagsel.

Adapun nama pemilik enam unit rumah yang menjadi korban kebakaran di Rondaman Lombang, Suka Mulia, Kecamatan Portibi;
1. Ronal Sihombing
2. Yaqub Siregar
3. Dermiana Siregar
4. Arya Harahap
5. Zulpikar Harahap
6. Wahdi Harahap. (ais)