News

51 Warga Panei Tongah Rapid Test, Hasilnya Negatif

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Pemkab Simalungun melalui Dinas Kesehatan melaksanakan rapid test di Kelurahan Panei Tongah, Kecamatan Panei.

Kepala Puskesmas Panei dr Juliani MAnihuruk , Senin (4/5/2020) mengatakan, Panei Tongah dan beberapa daerah di Simalungun menjalani rapid test secara bertahap. Panei merupakan salah satu daerah transmisi dan dalam beberapa hari terakhir banyak mendapat kunjungan dan adanya perantau pulang kampung.

“Pemkab Simalungun melalui Dinas Kesehatan dan bersama-sama semua elemen bersama-sama memutus mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah Kecamatan Panei. Caranya semua masyarakat harus melaksanakan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid, yakni sosial distancing, fisical distanting, pakai masker dan cuci tangan,” kata Juliani Manihuruk.

Dijelaskan Juliani, sebagai daerah yang ramai dikunjungi, maka potensi ada penyebaran virus sangat besar sehingga dilakukan rapid test untuk mencegah lebih dini penyebaran.

“Puji Tuhan semua hasilnya negatif. Namun kita semua harus tetap waspada,” katanya.

Dalam upaya mencegah penyebaran covid-19, selain bantuan APD dari Pemkab Simalungun, pihaknya juga mendapat bantuan dari donatur yang mendukung upaya pencegahan penyebaran covid-19.

“Kita imbau untuk tetap di rumah, jauhi keramaian, rajin cuci tangan dan makan makanan bergizi serta banyak beristirahat. Kita berharap pandemi ini berakhir,” katanya.(esa)