News

5 Rumah di Tapteng Terbakar, Api Diduga dari Rumah Kosong

TAPTENG, FaseBerita.ID– Sebanyak 5 rumah di Desa Mela I, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) terbakar, Minggu (9/5) sekitar pukul 15:30 WIB, 4 diantaranya rata dengan tanah. Api diduga berasal dari rumah yang sedang ditinggal penghuninya yakni Pemilu Nainggolan (39).

Kepala Desa Mela I, Riswan Silaban saat ditemui di lokasi kebakaran menuturkan, kebakaran yang terjadi itu berlangsung cukup cepat hanya sekitar 15 menit.

“Kalo informasi dari warga cepat kali tadi, hanya sekitar 15 menit 4 rumah ini sudah rata dengan tanah dan satu rumah lagi hanya sebagian sisi rumahnya yang terbakar,” ujar Riswan.

Menurutnya, cepatnya api melalap 4 rumah itu hingga ludes dan 1 rumah sebagian sisi bangunannya terbakar dikarenakan 4 rumah yang dihuni 4 KK itu terbuat dari papan.

“Karena 4 rumah kontrakan ini terbuat dari papan, hanya lantainya saja yang semen. Makanya apinya cepat menjalar,” katanya.

Ia juga mengatakan, sesuai informasi yang ia dapatkan bahwa api diduga berasal dari salah satu rumah yang saat kejadian sedang ditinggal oleh pemiliknya karena berjualan di pasar.

“Kalau asal api dibilang dari rumah kosong tadi, orangnya lagi jualan di pasar, namanya Pemilu Nainggolan,” sebut Riswan.

Namun, lanjut Riswan, dalam musibah kebakaran itu tidak ada korban jiwa. Namun sebagian besar barang-barang para korban tidak ada yang dapat diselamatkan dikarenakan cepatnya api menjalar hingga membuat para korban panik dan tidak sempat untuk menyelamatkan harta bendanya.

Riswan juga menjelaskan, tindakan dari pihaknya pemerintah desa akan melengkapi data dan akan menyampaikan hal itu ke Dinas Sosial Kabupaten Tapteng sehingga ke 5 KK penghuni rumah yang terbakar itu, yakni Pemilu Nainggolan (39), Marohot Simamora, Roy Halawa, Rian Tanjung dan Ayu dapat dibantu.

“Yang pertama kita akan data para korban untuk menyampaikan permohonan kepada Dinsos tapteng agar para korban ini dapat dibantu,” katanya.

Meski demikian, masih kata Riswan, ia juga menyampaikan terimakasi kepada Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani yang telah datang langsung ke lokasi kebakaran dan memberikan bantuan pribadinya kepada ke 5 keluarga korban kebakaran ini.

“Tadi Pak Rahmansyah lewat hendak pulang ke Barus, jadi tadi singgah di sini dan memberikan bantuan pribadi sebesar Rp1.000.000 kepada masing-masing korban,” katanya.

Atas peristiwa itu, para korban kebakaran kini telah mengungsi ke rumah sanak saudaranya masing-masing.

“Kalau mereka ini sudah mau mengungsi ke rumah saudara-saudara mereka,” ujar Riswan.

Pantauan, di lokasi kebakaran terlihat Camat Tapian Nauli Rinaldi Siregar, Kapolsek Kolang Iptu Tahir Lubis dan Tim Inafis Polres Tapteng sedang melakukan olah TKP.

Sementara, Roy Halawa salah satu korban kebakaran mengatakan, peristiwa kebakaran itu berlangsung sangat cepat sehingga ia bersama dengan keluarganya tidak sempat untuk menyalamatkan barang-barang milik dari dalam rumahnya.

“Hanya pakaian yang di badan inilah yang tinggal, lainnya nggak sempat kami selamatkan, cepat kali apinya,” katanya.

Terpisah, Pemilu Nainggolan saat dikonfirmasi mengatakan bahwa sejak pukul 11:00 WIB ia dan istrinya telah meninggalkan rumahnya untuk berjualan di pasar. Ia juga memastikan bahwa kompor yang ada di rumahnya telah dimatikan sebelum ditinggalkan.

“Jam 11 kami sudah pergi dari rumah. Kalo kompor sudah pasti matilah bang,” katanya. (dh/fabe)