News

5 Desember, 105 Desa di Tobasa Gelar Pilkades

TOBASA, FaseBerita.ID – Dalam rangka menyongsong Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Toba Samosir, Wakil Bupati (Wabub) Toba Samosir Hulman Sitorus memberikan arahan kepada para perangkat, masyarakat dan kepala desa dalam acara sosialisasi Pilkades di Balai Data Kantor Bupati Tobasa, Senin (2/9).

Sesuai dengan laporan panitia sosialisasi Henri Silalahi yang juga Kadis PMD PPA Toba  Samosir, bahwa sebanyak 105 desa akan menggelar Pilkades pada tanggal 5 Desember 2019 mendatang.

Menurut Wabup Hulman Sitorus mengenai pelaksanaan Pilkades ada  PP No. 47 2015, Perbub, Juklak/Juknis sehingga diharapkan akan berlangsung secara demokratis dan sehat.

“Kepala desa dipilih rakyat secara langsung, kami harap berlangsung dengan baik, menjunjung nilai demokrasi walau bisa berbeda pendapat,” paparnya.

Lanjutnya, masyarakat Toba Samosir diikat dengan adat Dalihan Natolu. Sehingga diharap terpilih yang terbaik dari yang baik mengikuti aturan yang ada.

Para Kades yang ikut Pilkades ini juga supaya netral. Karena dalam demokrasi, pemilihan ini adalah alat untuk memilih calon pemimpin yang “sehat” untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

Sebelumnya Wabup Hulman Sitorus juga memaparkan bahwa Presiden RI Joko Widodo hadir di Toba Samosir bulan yang lalu dan  memastikan pembangunan di kawasan Danau Toba dengan anggaran  sekitar  Rp2,4 triliun akan dikucurkan.

Sekaitan hal destinasi wisata  ini, kata Wabup Hulman, para kepala desa diharap ikut menyoalisasikannya, menyampaikan hal ini ke masyarakat di desa masing-masing.

Hulman Sitorus juga  membeberkan sejumlah rencana pemerintah dalam pengembangan wisata di Toba Samosir.

“Pembangunan ini akan massif. Poinnya adalah ditetapkannya Danau Toba kawasan pariwisata berkelas dunia,” katanya.

Masyarakat  harus diberikan pencerahan dan harapan. Termasuk kesiapan desa menyiapkan penggunaan anggaran untuk kemajuan desa termasuk usaha desa melalui Bumdes.

Turut hadir Asisten Pemerintahan Harapan Napitupulu, Asisten Administrasi Umum Parulian Siregar, Kadis PMD PPA Henri Silalahi, sejumlah pimpinan OPD dan camat. (os/osi)

USI