News

5.000 Vaksin bagi Jurnalis di Peringatan Hari Pers Nasional 2021

FaseBerita.ID – Pada peringatan Hari Pers Nasional atau HPN 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga ikut menyampaikan selamat memperingati bagi seluruh insan pers di tanah air.

Saat puncak acara HPN, Selasa (9/2) yang diselenggarakan di Istana Negara, Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas peran pers mengedukasi masyarakat selama pandemi Covid-19.

“Selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia di mana pun berada. Saya tahu saat pandemi, rekan pers tetap bekerja dan menjadi garis terdepan tiap pemberitaan. Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena membantu pemerintah mengedukasi masyarakat menerpakan protokol kesehatan dan bantu masyarakat dapatkan informasi yang benar dan tepat,” kata Jokowi.

Ucapkan Selamat dan Terima Kasih

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat Hari Pers Nasional bagi seluruh insan pers di tanah air.

“Selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia di mana pun berada. Saya tahu saat pandemi, rekan pers tetap bekerja dan menjadi garis terdepan tiap pemberitaan,” ujar Jokowi.

“Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena membantu pemerintah mengedukasi masyarakat menerapkan protokol kesehatan dan bantu masyarakat dapatkan informasi yang benar dan tepat,” sambung dia.

Bebaskan Pajak Penghasilan

Jokowi menyadari, industri pers juga turut terdampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu ia menyatakan pemerintah turun tangan membantu membebaskan pajak dan listrik bagi awak media.

“Saya tahu industri pers sebagaimana sektor swasta yang lain sedang menghadapi juga masalah perusahaannya, masalah keuangannya yang juga tidak mudah, seperti tadi disampaikan oleh ketua PWI. Oleh karena itu pemerintah berusaha untuk meringankan beban industri media PPH 21 bagi awak media telah dimasukkan dalam daftar pajak yang ditanggung oleh pemerintah, artinya pajak dibayar oleh pemerintah dan ini berlaku sampai Juni 2021,” papar dia.

Jokowi juga meminta awak media bersama Menteri Keuangan untuk mengawal kebijakan tersebut.

“Tolong ini nanti diikuti dan dikawal dengan Menteri Keuangan. Juga untuk industri media dilakukan pengurangan PPH badan, kemudian pembebasan PPH 22 impor dan percepatan restitusi dan insentif ini juga berlaku sampai Juni 2021,” terang dia.

Siapkan 5.000 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Jurnalis

Tak hanya itu, Jokowi menyatakan pemerintah akan memberikan jatah vaksin Covid-19 kepada jurnalis pada akhir Februari 2021.

Jumlah awal vaksin yang akan diberikan pada akhir Februari hingga awal Maret 2021 sebanyak 5.000 dosis.

“Saya yakin banyak awak media yang sudah ingin divaksin, tadi sudah saya bisik-bisik ke Prof Nuh untuk awal nanti diakhir bulan Februari sampai awal Maret nanti untuk awak media sudah kita siapkan 5.000 orang untuk bisa divaksin,” kata Jokowi.

Dia mengatakan, jumlah tersebut adalah tahap awal vaksin bagi awak media. Nantinya vaksin akan berasal dari Bio Farma.

“Nanti keluar dari Bio Farma 12 juta kita berikan 5000 untuk awak media,” kata Jokowi.

Jumlah jatah vaksin bagi awak media memang diakui Jokowi belum banyak, sebab saat ini pemerintah masih fokus pada vaksinasi tenaga kesehatan.

“Kita saat ini kita sedang fokus vaksinasi tenaga kesehatan dan pelayanan masyarakat termasuk pedangan pasar,” terang dia. (int)