News

4 Siswa Darul Mursyid Siap Ikuti OSN Tingkat Nasional

TAPSEL, FaseBerita.ID – Lagi dan lagi, Darul Mursyid menunjukkan kelasnya dalam meraih berbagai prestasi dari Lomba Sanis. ‘Segudang’ prestasi dari berbagai tingkatan telah dikumpul. Dan hampir setiap tahun, sekolah yang berada di ‘pelosok’ ini, selalu berhasil mengutus siswanya mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional.

Dan tahun ini, sebanyak 4 orang siswa Pesantren Modern Unggulan Terpadu ‘Darul Mursyid’ (PDM) berhasil melaju ke tingkat Nasional pada OSN. Keberhasilan mereka ini dinyatakan setelah mengikuti event OSN di tingkat Provinsi Sumatera Utara, pada tanggal 9-11 April 2019 lalu.

Kelolosan empat orang siswa PDM ini dikuatkan lagi dengan Surat Nomor: 3402/D4/TU/2019 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Provinsi SumateraUtara pada tanggal 7 Mei 2019, tentang hal pemanggilan peserta OSN Tahun 2019.

Yusri Lubis sebagai Wakil Direktur Bidang Akademik PDM menjelaskan, pada surat tersebut ada sebanyak tiga puluh satu orang, utusan Provinsi Sumut ke tingkat Nasional yang rencananya akan diselenggarakan pada 30 Juni – 06 Juli 2019 di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Dari 31 orang tersebut empat diantaranya adalah siswa PDM.

“Mereka adalah Raja Akbar, bidang studi Matematika, Sultan Samsuddin, bidang studi Astronomi, Mukhlas Mahrawi, bidang studi Ekonomi dan Muhammad Fathur, bidang studi Kebumian.

“Alhamdulillah, semoga mereka bisa mempersembahkan prestasi terbaik untuk mengharumkan nama Sumatera Utara. Mohon doa dari kita semua,” ungkap Yusri Lubis.

Sementara itu, Jafar Syahbuddin Ritonga, DBA selaku Direktur PDM juga menyambut baik kabar gembira ini. Jafar juga menyatakan siap mendukung sepenuhnya langkah anak didiknya yang lolos ke tingkat Nasional.

“Syukur alhamdulillah anak kami ada empat orang yang dinyatakan lolos ke tingkat Nasional pada event OSN ini. Saya merasa bangga dan akan terus mendukung sepenuhnya langkah nakkami yang akan bertanding nanti dengan sekolah terbaik lainnya dari seluruh Indonesia. Untuk itu, sebagai bentuk kesyukuran saya akan ikut serta mendampingi mereka nanti saatbertanding di Manado,” ungkap Jafar.

Jafar yang Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), pengelola PDM ini, juga menyebut, sejak tahun 2013 lalu hingga kini setiap tahunnya, PDM berhasil meloloskan siswanya dalam event OSN di tingkat Nasional. Bahkan menurut pengakuannya banyak event lainnya selain OSN yang mereka ikuti dan cukup banyak juga menorehkan prestasi. Hal ini mereka lakukan sebagai wujud dari tekad untuk melahirkan calon intelektual atau saintis muslim yang manidiri.

“Alhamdulilah, sejak tahun 2013 yang lalu hingga sekarang tahun 2019, setiap tahunnya kami berhasil membawa anak didik kami lolos ke tingkat Nasional dalam event OSN. Bahkan dalam event lain juga kami telah berhasil mengumpulkan sederatan prestasi seperti Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Lomba Matematika Nasional (LMNAS), BRAPHY dan lain sebagainya. Komitmen kami akan terus melahirkan calon intelektual atau saintis-saint is yang Islami artinya basik pesantren demi kemajuan negara kita Indonesia dan khususnya bagi agama kita Islam dimasa mendatang, ” pungkas Jafar yang juga merupakan dosen Pasca sarjana di salah satu Universitas terkemuka di Medan ini. (ran)