News

4 Pemakai Ditangkap Pengedar Sabu Lompat ke Laut

FaseBerita.ID – Masih ingat 4 orang yang ditangkap polisi saat sedang asyik mengisap sabu di atas kapal di tangkahan KNTM Sibustak-bustak beberapa hari yang lalu, tepatnya, Rabu (17/3) sekira pukul 17.00 WIB.

Mereka, AA alis (37) warga Desa Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Madina. Kemudian, PM alis L (35) warga jalan DE. STB Panggabean Sibolga dan Desa Tabuyung Madina. EH (24) warga jalan Merpati Rusunawa Sibolga dan NAL (29) juga warga jalan DE STB Panggabean.

Menurut polisi penangkapan ke 4 nya bermula dari informasi masyarakat. Dari tangan mereka berhasil disita barang bukti sabu sebanyak 13 paket atau seberat 2,62 gram. “Diamankan 4 orang dari atas kapal motor. Setelah dilakukan penggeledahan ditemukan 13 bungkus kecil sabu-sabu. Dari hasil tes urine ke 4 nya positif mengandung Amphetamine,” kata Kapolres Sibolga AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, Sabtu (21/3).

Dari keterangan keempatnya diketahui kalau mereka membeli sabu dari seseorang yang identitasnya telah dikantongi petugas, yang saat penggerebek berhasil melarikan diri dengan cara melompat ke laut.

“Sekira pukul 15.30 WIB, setelah EH selesai mengonsumsi sabu-sabu di dalam kamar mandi tangkahan, yang diberi oleh sepupunya, EH kemudian pergi keatas kapal motor. Tak lama kemudian PM dan AA datang dan membeli sabu-sabu dari orang yang identitasnya telah dikantongi, yang saat itu posisinya tidak jauh dengan EH. Mereka kemudian mengkonsumsi sabu dengan menggunakan alat hisap atau bong, yang terbuat dari botol Sprite yang peyot. Selanjutnya, NAL datang dan juga membeli sabu seharga Rp100.000 kepada orang yang sama dan menggabungkan diri. Tak lama kemudian datang petugas dan yang menjualkan sabu-sabu turun ke laut dan menyelam dan saat itu dilihat oleh PM namun tidak memberitahukan kepada petugas. Petugas kemudian mengamankan keempatnya,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan ke 4 nya akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di RTP Polres Sibolga. Mereka dikenakan pasal 114 ayat 1 Subsider pasal 112 ayat 1 Jounto pasal 132 ayat 1 atau pasal 127 ayat 1 huruf a Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun. (ts)

USI