News

4 Bulan Tenaga Honor Satpol PP Humbahas Tak Gajian

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Sebanyak 178 tenaga honor di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) empat bulan tak terima gaji.

Hal itu terungkap setelah salah seorang pemilik akun facebook atas nama Daniel yang diduga salah seorang tenaga honor di satuan dimaksud mengunggah kegalauan yang dirasakannya di grup kabar-kabari Humbang Hasundutan.

Dalam postingannya tertulis ‘Boha Do Hami Naso Gajian On (Bagaimana nasib kami, yang tidak gajian ini, red). #Satpol PP&Damkar Humbahas.

Kemudian, pada kolom komentar, Daniel menjelaskan bahwa mereka sudah empat bulan belum menerima gaji sepeser pun.

“Empat bulan lae,” tulis Daniel menanggapi pertanyaan pemilik akun Arifin Simamora Dimpu dalam kolom komentar.

Sementara itu, Plt. Kasatpol PP Humbahas Rikky Hilman Sihite membenarkan hal tersebut. Dikatakan, saat ini pihaknya sedang mengupayakan agar para honorer Satpol PP dan Damkar bisa gajian secepatnya.

“Ya, benar. Tapi kita berusaha agar minggu ini gaji mereka bisa dibayarkan. Sekarang lagi proses pembuatan SP2D,” ujar Rikky melalui selulernya, Selasa (7/5).

Dia menerangkan, keterlambatan tersebut bukan oleh pihaknya. Prosedurnya melalui Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan Dan Aset Daerah (BPKPAD).

“Prosesnya sudah saya ajukan. Dan sudah berada di meja orang itu (BPKPAD, red), tetapi tak kunjung ditandatangani,” bebernya.

Ditanya terkait kendala penyebab belum ditandatanganinya berkas yang diajukan, Rikky mengaku, tidak mengetahuinya, tapi dia menggaransi, para tenaga honor akan menerima gaji minggu ini.

“Saya tidak tau apa masalahnya, tapi minggu ini gaji mereka akan kita cairkan. Prosesnya, saat ini sudah berjalan. Saya sudah mengajukan SPD (Surat Pencairan Dana, red). (sht/osi)