News

4 Bulan Kematian Saut Hasugian Masih Misteri, Kapolres Humbahas: Satreskrim Tetap Bekerja

HUMBAHAS, FaseBerita.ID –┬áSatuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Humbang Hasundutan (Humbahas) hingga kini belum berhasil mengungkap misteri kematian Saut Hasugian, warga Desa Tarabintang, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) yang diduga tewas akibat dibunuh pada awal November 2020 lalu.

Meski sudah empat bulan sejak peristiwa ditemukannya korban tewas mengenaskan di perladangan Lae Soban tersebut, namun aparat sepertinya belum mendapatkan titik terang atas kasus itu.

Sebuah postingan di grup Facebook Kabar-Kabari Humbang Hasundutan, Rabu (24/2) mempertanyakan hal itu sekaligus menyebutkan bahwa polisi setempat terkesan lamban dalam menangani kasus tersebut. Pemilik akun Andri Togar Hasugian diyakini merupakan keluarga korban. Dalam postingannya, selain kepada Kapolres Humbahas, Andri juga menyampaikan keluhan serta harapannya kepada Kapolda Sumut agar kasus kematian Bapaudanya (adik ayahnya, red) dapat diusut oleh polisi.

“Sampai sekarang kami keluarga (anak abang korban) terus menunggu perkembangan informasi dari pihak kepolisian, dan berharap segera dapat mengusut tuntas kasus tersebut,” sebut Andri Togar dikutip dari sebagian postinganya.

Andri juga menuliskan, akibat peristiwa itu, sekarang banyak warga yang takut pergi ke ladang. Mereka beranggapan pelaku masih berkeliaran dan khawatir kejadian yang sama dapat terulang.

Postingan tadi mendapat dukungan dari sejumlah warga netizen. Ratusan komentar meminta pihak kepolisian dapat mengungkap misteri di balik kematian Saut Hasugian. Selain itu, terlihat postingan Andri Togar beberapa kali dibagikan sesama netizen.

Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Ronny Nicolas Sidabutar mengatakan, pihaknya tetap bekerja untuk dapat mengungkap kasus tersebut. “Saya akan cek kembali penyelidikannya, Sat Reskrim tetap bekerja untuk dapat mengungkap,” Kata Ronny Nicolas, Rabu (24/2) melalui whatsapp.

Sebelumnya diberitakan, Saut Hasugian warga Dusun Rambingan, Desa Tarabintang, Kecamatan Tarabintang, Humbang Hasundutan (Humbahas) tewas mengenaskan. Korban ditemukan dengan wajah penuh luka dan lebam di Perladangan Lae Soban, Tarabintang, Kamis (5/11) lalu. Sebelumnya warga sempat mendengar suara orang menjerit kesakitan dari arah di mana Saut ditemukan.

Pria berusia 49 tahun tersebut diduga meregang nyawa akibat dibunuh. Kejadian tersebut sontak membuat warga Tarabintang geger.

Kapolres Humbahas AKBP Ronny Nicolas Sidabutar melalui Paur Subbag Humas Bripka Syawal Lolo Bako mengatakan, kejadian diketahui saat seorang warga, yakni Carles Simbolon pulang dari ladang mendengar ada suara jeritan seperti orang kesakitan. Dia kemudian memberitahukan kepada Bacthiar Tinambunan yang saat itu sedang berada di warung.

Mereka lalu ke lokasi untuk melihat situasi dan memastikan suara yang didengar oleh Carles. Setibanya di lokasi mereka melihat korban terguling dan kejang-kejang sebelum akhirnya meregang nyawa. (sht/fabe)

USI