News

4.440 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Asahan

FaseBerita.ID – Pemkab Asahan resmi menerima 4.440 vial vaksin Sinovac. Vaksin tiba di Kabupaten Asahan dengan pengawalan khusus setelah dilakukan penjemputan dari Kota Medan. Begitu tiba, vaksin langsung ditempatkan di ruangan khusus di gudang farmasi milik Dinas Kesehatan Asahan, Jalan Kelapa Gading, Kisaran Barat, Senin (1/2) sekitar pukul 13.15 WIB.

“Kami ada terima 4.440 vaksin. Kondisinya saat ini cukup baik. Selain itu, ada juga kami terima sejumlah alat kesehatan pendukung lainnya, seperti safety box, alkohol swab, injeksi, alat suntik dan peralatan medis lainnya,” kata Bupati Asahan H Surya kepada sejumlah wartawan.

Lebih jauh Surya menjelaskan, seluruh vaksin ini, Rabu (3/2) mulai didistribusikan ke seluruh petugas kesehatan di 29 Puskesmas di seluruh wilayah Kabupaten Asahan. Kemudian Jumat (5/2) giliran unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Asahan.

“Termasuk Bupati, Kapolres, Dandim, Ketua DPRD, anggota dewan, serta tokoh masyarakat setelah melalui prosedur yang berlaku. Sebab ada tim medis dari Dinas Kesehatan yang menentukan bisa tidaknya seseorang itu diberi vaksin atau tidak,” katanya seraya berharap hadirnya vaksin ini lebih jauh bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Paling tidak mengurangi laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Asahan.

Data dihimpun, berdasarkan rekapitulasi sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Asahan yang diambil dari Tim Survelians Gugus Tugas Asahan hingga 1 Februari 2021, terdapat 538 kasus terkonfirmasi positif, 71 orang di antaranya masih dirawat, 437 orang sembuh, dan 30 orang meninggal dunia. (per/fabe)

USI