News

4.129 Orang Pasien Covid-19 di Indonesia Sembuh

JAKARTA, FaseBerita.ID-Jumlah kasus positif Covid-19 di tanah air terus bertambah setiap hari, namun para tim medis terus berjuang menyembuhkan pasien. Selama beberapa pekan terakhir angka pasien sembuh terus bertambah sebanyak 200-an orang setiap hari.

Pada Minggu (17/5), sebanyak 218 pasien dinyatakan sembuh. Sehingga total pasien sembuh menjadi 4.129 orang.

Sedangkan angka pertambahan kasus positif juga masih terus bertambah setiap hari. Sebanyak 489 orang dinyatakan positif. Sehingga totalnya saat ini menjadi 17.514 kasus positif. Semua kasus tersebar di 387 kabupaten kota.

“Ini gambaran sangat tegas bisa kita lihat kasus penambahan kasus baru masih terus terjadi. Maka kasus positif sebagai pembawa virus masih ada di tengah kita,” kata Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers, Minggu (17/5).

Sudah ada 187.965 spesimen yang diperiksa dengan dua metode yakni Tes Cepat Molekuler (TCM) dan real tome PCR. Sudah lebih dari 10 mesin TCM yang beroperasi memeriksa 980 spesimen. Total orang yang sudah diuji yakni sebanyak 140.473 orang.

Angka kematian bertambah 59 orang sehingga menjadi 1.148 kasus kematian. Akumulasi data Orang Dalam Pemantauan (ODP) yakni sebanyak 270.876 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 35.800 orang.

Yurianto terus mengingatkan agar masyarakat membiasakan diri dengan budaya baru seperti mencuci tangan dan memakai masker. Sebab Orang Tanpa Gejala (OTG) tak pernah terlihat kasat mata.

“Jangan menyentuh mata, hidung, dan mulut karena mempercepat proses penularan. Gunakan masker saat ke luar rumah. Budayakan mulai sekarang bisa jaga jarak fisik 1 meter dengan orang lain,” jelasnya.

Selain itu dia kembali meminta agar masyarakat tidak mudik. Sekalipun itu dilakukan secara lokal atau mudik di dalam kota yang dekat.

“Kalau bisa jadi kebiasaan baru, ini akan jadi budaya yang positif. Bukan hanya mencegah Covid-19 tapi juga penyakit lain. Jangan bepergian, jangan mudik meskipun hanya di dalam kota,” tegasnya.(jp)