News

38 Siswa SMAN 1 Sibabangun Dilatih Menjadi Anggota Paskibra 

TAPTENG, FaseBerita.ID – Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 74, Pemerintah Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), mulai melakukan pembinaan dan pelatihan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Pelatihan Paskibra dibuka secara resmi oleh Camat Sibabangun, Maslina, beberapa hari yang lalu.

Direncanakan, 38 siswa SMAN 1 Sibabangun yang telah lolos seleksi akan digodok selama 3 minggu di halaman Kantor Kecamatan Sibabangun oleh instruktur Sertu P Hasibuan dari Koramil 04 Pinangsori dan Bripka D Manullang dari Polsek Sibabangun. Siswa-siswi yang layak menjadi pasukan pengibar bendera ini akan mendapat tugas pada saat upacara hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2019 mendatang.

Kepada 38 calon anggota Paskibra, Sertu P Hasibuan mengingatkan supaya mengikuti pelatihan dengan sungguh-sunguh serta tidak melakukan hal-hal yang sifatnya merusak nama baik Paskibra. Selama mengikuti pendidikan dan pelatihan harus serius, sehingga bisa sukses ketika melaksanakan tugas mengibarkan bendera merah putih saat upacara HUT Kemerdekaan RI.

Hasibuan juga berpesan supaya selalu menjaga kekompakan tim, karena dalam latihan diperlukan saling pengertian dan saling menghargai agar tetap kompak dan berhasil dengan baik, termasuk menjaga kesehatan dan kondisi fisik, karena dalam latihan fisik peserta akan dilatih untuk meningkatkan kemampuan dalam baris-berbaris.

Lebih jauh disampaikan, banyak nilai-nilai positif yang bisa diperoleh dari pelatihan. Selain kedisiplinan, para calon anggota Paskibra juga akan memperoleh pengalaman untuk bekerja secara team work dan berkoordinasi dengan calon anggota Paskibra lainnya.

“Pelatihan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kesiapan fisik dan mental. Berlatihlah dengan sungguh-sungguh, jaga kesehatan dan pola makan agar tetap bisa mengikuti pelatihan,” ujar Hasibuan, Rabu (31/7).

Disela-sela pelaksanaan pelatihan mengatakan, siswa yang mengikuti pelatihan sejumlah 38 orang. Calon anggota Paskibra ini rata-rata telah memiliki teknik dasar baris berbaris, hanya perlu di pertegas lagi gerak serta kekompakannya. (ztm/osi)