News

365 Mahasiswa/I FKIP UNA Ikuti Pembekalan Magang

FaseBerita.ID – Sebanyak 365 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan (FKIP UNA) melaksanakan pembekalan magang tahap satu dan dua tahun akademik 2020/2021 di Aula FKIP UNA, Rabu (10/2) kemarin.

Ketua Panitia Kegiatan Magang dan PLP FKIP UNA, Hanina, menyebutkan, tujuan dilaksanakannya pembekalan ini untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait tugas dan kewajibannya ketika berada di sekolah.

Selain itu, juga agar bisa menyelaraskan antara teori yang mereka peroleh waktu kuliah dengan keadaan yang sebenarnya di sekolah dalam konteks proses belajar mengajar.

“Pelaksanaan magang 1 dan 2 ini setiap tahunnya sudah ada atau menjadi mata kuliah wajib. Di mana, pada saat ini magang 1 dilaksanakan pada selama 7 hari mulai tanggal 15-20 Februari 2021 sedangkan magang 2 dilaksanakan selama 14 hari yaitu mulai 15-27 Februari 2021,” sebutnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pj Rektor UNA Prof Dr Tri Harsono MSi, Dekan FKIP UNA Dr Ely Ezir MS, para wakil dekan, para dosen dan seluruh mahasiswa FKIP UNA yang mengikuti magang 1 yang berjumlah 167 mahasiswa dan magang 2 berjumlah 198 mahasiswa.

Pelaksanaan magang 1 dan 2 ini setiap tahunnya sudah ada atau menjadi matakuliah wajib, dimana pada saat ini magang 1 dilaksanakan pada selama 7 hari mulai tanggal 15-20 Februari 2021 sedangkan magang 2 dilaksanakan selama 14 hari yaitu mulai 15-27 Februari 2021.

Menurut Hanina, magang adalah upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan, dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat (learning by doing). Prinsip magang adalah pengenalan secara dini (early exposure) kepada mahasiswa calon guru secara bertahap.

Magang tahap I sebut Hanina, bertujuan membangun landasan jati diri pendidik dan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan magang tahap II bertujuan untuk memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran.

Dalam rangka mewujudkan tema magang 1 dan 2 yakni Membangun Landasan Jati Diri Pendidikan Melalui Kopetensi Akademik Pendidikan, Dekan FKIP UNA Dr Ely Ezir berharap kepada mahasiswa untuk meningkatkan dua hal yakni karakter dan potensi akademik.

Karakter itu, mahasiswa harus belajar lebih banyak konteks masyarakat yang merupakan karakter terbaik yang ada dan wawasan dalam meningkatkan kemampuan pendidikan di masing-masing program studi baik prodi Matematika, Bahasa Inggris maupun Bahasa dan Sastra Indonesia. Kemudian, mahasiswa harus ditambah pengalaman-pengalaman di konteks sosial dalam praktek lapangan.

Dia menambahkan, ruang lingkup magang 1 adalah observasi kepada visi sekolah berupa tentang informasi mengenai sekolah sedangkan magang 2 ruang lingkupnya selain telah mengalami pengamatan sekolah.

“Mahasiswa harus meningkatkan pemahaman tentang soft skill sekolah termasuk cara mengajar, persiapan mengajar, sarana prasarana dan media-media pembelajaran”, tambahnya.

Sementara Pj Rektor UNA Prof Dr Tri Harsono dalam sambutannya, menekankan 10 kopetensi dasar menjadi seorang guru yakni menguasai bahan ajar, mengelola kelas, menguasai media, strategi belajar mengajar, interaksi belajar mengajar, penilaian hasil belajar, administrasi pendidikan, layanan bimbingan penyuluhan dan menguasai landasan-landasan kependidikan serta penerapan hasil penelitian.

“Mengajar itu adalah seni. Kenapa mengajar itu seni? Bagaimana kita mempengaruhi anak didik dengan ilmu yang kita miliki dan dengan pendekatan-pendekatan dapat mempengaruhi anak didik untuk mau belajar menemukan jati dirinya,” ungkapnya.

Tri Harsono mengingatkan mahasiswa agar menjaga nama baik kampus dan almamaternya dan dapat mewujudkan visi dan misi UNA menjadi universitas unggul dalam berbagai bidang. (per/fabe)