News

359 Kafilah Unjuk Kebolehan di MTQ Tingkat Kota Siantar

SIANTAR, FaseBerita.ID – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-52 Tingkat Kota Pematangsiantar telah dibuka oleh Walikota H Hefriansyah SE MM, di Lapangan H Adam Malik, Selasa (10/3/2020) malam.

Sebanyak 359 kafilah dari delapan kecamatan yang ada di Kota Pematangsiantar berjuang untuk menjadi yang terbaik untuk setiap kategori yang dipertandingkan.

Pembukaan MTQ diawali Pawai Ta’aruf, Selasa (10/3/2020) pagi. Pawai yang  dilepas walikota diikuti kafilah dari delapan kecamatan, pelajar, masyarakat, serta para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemko) Pematangsiantar. Pawai mengambil rute Jalan Merdeka, Jalan Bandung, Jalan Sutomo, Jalan H Adam Malik, dan berakhir di Jalan MH Sitorus.

MTQ Tingkat Kota Pematangsiantar yang berlangsung hingga Jumat (13/3/2020) memperlombakan beberapa kategori, yakni Tilawah, Tartil, Tahfiz, Khattil, Syarhil, Fahmil, dan Nasyida.

Pembukaan MTQ diisi pengibaran bendera Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) MTQ ke-52. Bendera dikibarkan siswa-siswi dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang membentuk formasi lafaz Allah.

Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pelaksanaan MTQ ke-52 Tahun 2020 dan Gebyar Lintas Budaya/Festival Nasyidaria Tingkat Kota Pematangsiantar.

Disebutkan Hefriansyah, pelaksanaan MTQ yang bersifat  kolosal dan sarat Syiar Islam merupakan wahana dalam rangka memacu pengembangan Tilawah, Hafalan, Tafsir, dan pendalaman Alquran. Terutama, tumbuhnya kesadaran dan semangat untuk mempelajari Alquran. Sebab hakikatnya mampu memahami, menghayati, dan mengamalkan, isi Alquran.

Festival Qasidah, lanjutnya, merupakan ajang seni musik religius Islam yang memiliki nilai ganda, yakni sebagai sarana syiar dan dakwah serta berfungsi sebagai sarana untuk melestarikan kebudayaan bernuansa Islami. Sekaligus mentransformasikan nilai-nilai positif kepada masyarakat.

“Dengan pelaksanaan MTQ ke-52 Tahun 2020 dan Gebyar Lintas Budaya/Festival Nasyidaria Tingkat Kota Pematangsiantar, semoga Kota Pematangsiantar semakin Mantap, Maju, dan Jaya,” kata Hefriansyah.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kota Pematangsiantar H Ridwansyah Putra juga mengucapkan selamat atas terselenggaranya MTQ ke-52 Tingkat Kota Pematangsiantar. Ia berharap MTQ berjalan sukses.

“Terima kasih kepada masyarakat Kota Pematangsiantar yang antusias menghadiri acara MTQ ke-52 Tahun 2020,” sebutnya.

Turut hadir dalam pembukaan MTQ antara lain unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Danyonif 122/Tombak Sakti, Danki Brimob, Kepalan Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag), Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematangsiantar, alim ulama, tokoh masyarakat, tokoh adat, para Dewan Hakim, tokoh pemuda, serta masyarakat Kota Pematangsiantar. (rel/fi)