News

310 Warga Siantar Swab Massal

FaseBerita.ID – Sekitar 310 orang masyarakat Kota Siantar mengikuti tes swab untuk mendeteksi virus corona. Setelah pemeriksaan tersebut, hasilnya akan keluar tiga hari kemudian.

Pelaksaaan swab massal yang digelar di komplek rumah singgah Pemko Siantar di Jalan  SM Raja, Kecamatan Siantar Sitalasari pada Rabu (27/1) tersebut dilakukan oleh petugas Dinas Kesehatan Siantar yang dilengkapi dengan pakaian APD.

Amatan media ini, tampak masyarakat mengantri di meja registrasi dan setelah registrasi baru kemudian pergi kepada petugas yang melakukan swab.

Swab sendiri hanya dilakukan tidak lebih dari 3 menit untuk satu orang dan kemudian sudah bisa pulang. Sementara itu, salah seorang petugas kesehatan yang berada di lokasi saat diwawancarai mengatakan masyarakat yang datang swab ini sudah lebih dulu didata oleh petugas kesehatan. Mereka itu diduga melakukan kontak dengan orang yang sudah dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19.

Untuk memutus penyebaran virus corona tersebut, maka dilakukan langkah cepat swab massal. Supaya lebih cepat diketahui orang yang terkonfirmasi covid-19.

“Hasilnya akan keluar tiga hari kemudian. Bagi yang dinyatakan positip, akan diberitahu oleh petugas kesehatan dan selanjutnya diambil langkah untuk dilakukan isolasi mandiri,” jelas petugas kesehatan di meja registrasi.

Isolasi mandiri tersebut dikatakan dapat dilakukan di rumah singgah yang telah disediakan Pemko Siantar.(pra/fabe)