News

30 Personil Damkar Sibolga Jalani Rapid Test: Dua Dinyatakan Reaktif Covid-19

FaseBerita.ID – Pasca ditetapkannya seorang warga Kelurahan Simare-mare, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga, berinisial NS (67) positif terpapar virus corona atau Covid-19, sebanyak 30 personil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Sibolga menjalani rapid test, Senin (29/6).

Diketahui, riwayat perjalanan NS pernah menghadiri pesta akad nikah seorang personil Damkar Kota Sibolga berinisial IS di daerah Pargodungan, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Jumat (19/6) yang lalu. IS diketahui merupakan kerabat dekat NS.

Setelah dinyatakan positif Covid-19, keluarga NS dan IS menjalani proses karantina selama 14 hari di Wisma Atlet GOR Parombunan.

Sementara, rapid test yang digelar oleh Gugus Tugas Covid-19 Kota Sibolga untuk mengantisipasi adanya personil Damkar yang kontak fisik dengan IS saat bertugas. “Yang dirapid-test sebanyak 30 orang. Ke-30 ini merupakan satu tim dengan IS, personil damkar yang kini diisolasi di GOR Parombunan,” kata Kabid Damkar dan Penyelamatan, Adhy Siallagan SE MM di sela-sela proses rapid test di Lapangan Simare-mare.

Karena menurut Adhy, usai menggelar akad nikah IS langsung bertugas jaga malam. “Satu regu itu jumlahnya 30 orang. Malam itu, dia (IS) langsung bertugas,” terangnya.

Terpisah, Kadis Kesehatan Kota Sibolga Firmansyah Hulu dalam keterangannya membenarkan proses rapid test yang mereka lakukan terhadap 31 personil Damkar Kota Sibolga, bukan 30 personil. Katanya, hasil dapat langsung diketahui sesaat usai menjalani rapid test. “Rapid, sebentar hasilnya bisa didapat seketika,” kata Firmansyah singkat.

Hasilnya kata Firmansyah, dari 31 personil Damkar yang dirapid-test, dua di antaranya dinyatakan reaktif dan langsung dilakukan isolasi mandiri. “Tadi sudah dirapid 31 orang. Dua orang hasilnya reaktif, RAA dan RSJ. Terhadap kedua orang ini telah dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari,” pungkasnya. (ts)

USI