News

30 Desa/Kelurahan di Simalungun Tidak Tercantum Zona Kampanye

Bawaslu Surati KPU

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID– KPU Kabupaten Simalungun telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor: 125/PL.02.4-Kpt/1208/KPU-Kab/X/2020 yang berisi tentang Penetapan Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye di wilayah Kabupaten Simalungun dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Tahun 2020.

Dalam keputusan tersebut setelah ditelusuri dan ditelaah oleh Bawaslu Kabupaten Simalungun beserta jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa/Kelurahan, ternyata terdapat lebih dari 30 Desa/Kelurahan yang tidak dicantumkan titik lokasi pemasangan alat peraga kampanye.

Contohnya adalah Kecamatan Gunung Malela Nagori/Desa Senio, Kecamatan Siantar Nagori/Desa Sitalasari dan Kecamatan Raya Nagori/Desa Simbou Baru. Sedangkan seperti diketahui bahwa 3 kecamatan yang disebutkan tadi merupakan basis Sekretariat Tim Pemenangan beberapa Pasangan Calon.

Hal ini tentu saja merugikan hak-hak Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Tahun 2020 untuk menyampaikan visi misi dan program kepada pemilih di Nagori/Desa dimaksud mengingat tahapan kampanye sudah berlangsung selama kurang lebih 40 hari.

Ketidaklengkapan titik lokasi pemasangan alat peraga kampanye tersebut direspon oleh Bawaslu Kabupaten Simalungun, khususnya Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga yang dalam hal ini ditanggungjawabi oleh Mulai Adil Saragih (Kordiv.PHL) dengan mengirimkan saran perbaikan kepada Ketua KPU Kabupaten Simalungun dengan surat Nomor 0272/K.SU-21/TU.00.01/X/2020 yang berisi permintaan untuk menyempurnakan Keputusan Penetapan Lokasi Alat Peraga Kampanye sehingga hak-hak Pasangan Calon tidak dirugikan.(rel/fi)