News

30 Anggota DPRD Pematangsiantar Sudah Dilantik: “Jangan Tidur Waktu Sidang soal Rakyat”

Untukmu yang duduk sambil diskusi
Untukmu yang biasa bersafari
Di sana di gedung DPR

Wakil rakyat kumpulan orang hebat
Bukan kumpulan teman teman dekat
Apalagi sanak famili

Di hati dan lidahmu kami berharap
Suara kami tolong dengar lalu sampaikan
Jangan ragu jangan takut karang menghadang
Bicaralah yang lantang jangan hanya diam

Di kantong safarimu kami titipkan
Masa depan kami dan negeri ini
Dari Sabang sampai Merauke

Saudara dipilih bukan dilotere
Meski kami tak kenal siapa saudara
Kami tak sudi memilih para juara
Juara diam juara he eh juara hahaha

Wakil rakyat seharusnya merakyat
Jangan tidur waktu sidang soal rakyat
Wakil rakyat bukan paduan suara
Hanya tahu nyanyian lagu “setuju”

Lagu berjudul ‘Surat Buat Wakil Rakyat’ milik Iwan Fals ini sudah sangat terkenal. Liriknya yang ditujukan untuk para wakil rakyat itu kerap dinyanyikan untuk ‘menegur’ para anggota DPR/DPRD agar benar-benar memerjuangkan kepentingan rakyat. Terutama, jangan tidur di ruang sidang!

Seperti disampaikan Wakil Ketua Bidang Seni dan Budaya Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Himapsi) Pematangsiantar, Dedy Wibowo Damanik. Menyikapi 30 anggota DPRD Pematangsiantar periode 2019-2024 telah dilantik, Senin (2/9) Dedy mengucapkan selamat. Katanya, banyak tugas besar dan penting sudah menunggu anggota legislatif yang baru dilantik.

“Lanjutkan amanah yang diberikan masyarakat Siantar untuk lebih proaktif dalam bersinergi membangun Kota Pematangsiantar,” katanya.

Anggota DPRD yang sudah terpilih, agar bekerjalah dalam falsafah Kota Pematangsiantar, yakni “Sapangambei Manoktok Hitei, Ibagas Habonaron Do Bona”. Juga bekerja secara terintegritas dan selalu mendengarkan keluhan serta masukan masyarakat demi kemajuan Kota Pematangsiantar.

“Belajar dari yang sudah lewat. Kami memohon kepada DPRD terpilih agar selalu menyambut aspirasi mahasiswa dan masyarakat,” ujarnya, seraya menambahkan anggota Pematangsiantar yang sudah dilantik jangan tidur saat mengikuti sidang.

“Anggota DPRD itu adalah wakil rakyat. Berikanlah kenyamanan kepada masyarakat. Jangan bapak ibu sekalian tidak memerhatikan keluhan kami. Sebab bapak ibu sekalian, rakyatlah yang memilih,” tukasnya.

Terpisah, salah seorang warga Pematangsiantar bermarga Simanjuntak saat ditemui di salah satu warung kopi mengharapkan dengan mulainya bekerja ke 30 anggota DPRD, membawa kemajuan di Pematangsiantar. Anggota DPRD, sambungnya, jangan hanya janji-janji seperti saat masa kampanye.

“Kita masyarakat berharap besar kepada 30 anggota DPRD yang telah dilantik. Kita berharap mereka juga bekerja secara adil dan berusaha membangun Kota Siantar ini,” ujarnya.

Masih kata Simanjuntak, 30 anggota DPRD yang telah dilantik adalah wakil rakyat dan pilihan rakyat.

“Jangan setelah duduk, mereka lupa dengan semua tugas. Kita masyarakat tetap mengapresiasi mereka yang dilantik dan kita yakin mereka bisa membawa perubahan di Pematangsiantar,” jelasnya. (mag-04)