News

3 Tersangka Pencurian Ditangkap Polisi Tanjungbalai

FaseBerita.ID – Tekab Sat Reskrim Polres Tanjungbalai berhasil mengamankan tiga tersangka pencurian dengan pemberatan, sesuai Pasal 363 ayat (1) ke 3 dan ke 4 Subs Pasal 362 dari KUHPidana, Rabu (11/11/2020) sekitar pukul 18.00 WIB.

“Sat Reskrim Polres Tanjung Balai berhasil mengungkapkan kasus pencurian dengan pemberatan, sesuai laporan polisi nomor, LP /290/XI/ 2020/ SU/ Res TJB tanggal 11 November 2020, atas nama pelapor Sofian Lubis, warga jalan Pagaruyung Kelurahan Bunga Tanjung, Kecamatan Datuk Bandar Timur Kota Tanjungbalai,” kata Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira melalui Kasat Reskrim AKP Rapi Pinakri, Kamis (12/11) diruang kerjanya.

Dijelaskan AKP Rapi, ketiga tersangka yang diketahui bernama Heri Suanda(39), warga Jalan Anwar Idris, Gang Mulia, Kecamatan Datuk Bandar, Heri Kurniawan beralamat di Komplek Puri Indah, Kelurahan Gading, dan Rudi Anshari Lubis, warga jalan Anwar Idris Gang Mulia. Barang bukti 1 unit sepeda motor merek Yamaha RX King milik pelaku.

Kejadian berawal pada Senin (19/10/ 2020) sekira pukul 01.00 WIB, di tempat kejadian perkara di rumah yang sedang dibangun oleh korban, terletak di Jalan Panca Bakti, Kelurahan Gading Kecamatan Datuk Bandar, terjadi pencurian kayu broti ukuran 2×3 sebanyak 22 batang, papan sebanyak 7 lembar.

”Pelaku bertiga melakukan aksinya dengan cara mencabut paku dari kayu yang terpasang di dinding rumah pelapor dan atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian Rp2.800.000, hingga membuat pengaduan resmi ke Mako Polres Tanjungbalai,” katanya.

Rapi menerangkan, pada Rabu (11/11/2020) sekira pukul 18.00 Wib, Padal I dan II beserta anggota Tekab Sat Reskrim Polres Tanjung Balai melakukan penyelidikan di TKP, hingga didapat nama-nama pelaku.

Kemudian Team bergerak ke rumah pelaku Ajo dan berhasil diamankan beserta sepeda motor milik pelaku untuk menjualkan barang-barang hasil curian tersebut.

Akibat ‘nyanyian’ Ajo, pelaku Heri Kurniawan dan tersangka Rudi berhasil diciduk Polisi. Dari keterangan ketiganya, pelaku membenarkan bahwa mereka telah melakukan pencurian tersebut dengan cara masuk dan membuka kayu broti dan papan yang terpasang di rumah korban.

Selanjutnya, ketiga pelaku dan barang bukti di bawa ke Polres Tanjung Balai guna penyidikan lebih lanjut.

“Sabar bang sedang diperiksa intensif, diketahui tersangka Rudi, selain melakukan pencurian, juga melakukan tindak pidana KDRT,” kata AKP Rapi Pinakri. (ck04/fi)