News

3 Tersangka Narkoba Diamankan Polisi Batubara

FaseBerita.ID – Polres Batubara bertindak menyikapi keluhan dan laporan masyarakat atas maraknya traksaksi narkoba. Sebanyak 24 personil dan 6 tim diturunkan dalam penggerebekan yang dipimpin oleh Kasat Narkoba AKP Henry David Bindang Tobing.

Dalam operasi tersebut, polisi berhasil mengamankan tiga tersangka dari tempat berbeda. Penggerebekan pertama berhasil menangkap AI (33) warga Dusun X Desa Suka Maju Kecamatan Suka Maju Kabupaten Batubara, dengan barang bukti satu buah pipa kaca yang di dalamnya terdapat lekatan Narkotika jenis sabu berat bruto 1.35 gram. Dia ditangkap di Dusun. X Gang Janda Desa Suka Maju Kecamatan Tanjung Tiram.

Demikian juga tim lainnya berhasil mengamankan tersangka Er alias Ew (48) warga Dusun X Gang Suka Maju Desa Suka Maju Kecamatan Tanjung Tiram dari Gang Saudara Dusun XI Desa Suka Maju Kecamatan Tanjung Tiram. Adapun barang bukti didapat 3 (tiga) paket narkotika sabu dikemas plastik transparan berat bruto. 1.53 gram.

Lanjut ke lokasi pengembangan selanjutnya, polisi tak lama juga mengamankan HN (36) warga Dusun XI Gang Saudara Desa Suka Maju Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara dari gang Saudara dengan barang bukti satu paket narkotika jenis sabu berat bruto 0.62 gram.

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis SH MH melalui Kasat Narkoba Polres Batu Bara AKP Henry David Bintang Tobing kepada wartawan, Sabtu siang, (11/7 membenarkan telah mengamankan 3 tersangka yang menyalahgunakan narkotika jenis sabu dari titik yang berbeda di Kecamatan Tanjung Tiram.

“Saat ini ketiga tersangka masing-masing sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut, dan kita juga telah menyita seluruh barang bukti yang di temukan di lapangan,” papar, Henry David.

Pengedar Sabu Ditangkap dari Rumah

Petugas Satres Narkoba Polres Tanjungbalai menggerebek sebuah rumah yang ditengarai menjadi tempat pemakaian sabu di Jalan Husni Thamrin Kelurahan Gading, Kecamatan Datuk Bandar, Kamis (9/7).

Dalam penggerebekan tersebut, petugas mengamankan Rio Randa Naibaho (RRN/28), warga Jalan Embacang, Kecamatan Datuk Bandar, yang diduga sebagai pecandu narkoba jenis sabu-sabu, dengan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 0,78 gram, dan dua unit HP.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira dalam keterangannya melalui Kasubag Humas Iptu Ahmad Dahlan Panjaitan menjelaskan, penangkapan tersangka bermula dari laporan warga bahwa tersangka kerap mengkonsumsi sabu di salah satu rumah, di Jalan Husni Thamrin Kelurahan Gading Kecamatan Datuk Bandar.

Dari laporan warga itu, kata Ahmad Dahlan, tim Opsnal Satres Narkoba melakukan penyelidikan dengan turun ke lokasi.

Melihat gerak-gerik tersangka yang mencurigakan di dalam kamar. Petugas langsung masuk dan mengamankan tersangka. “Ketika digeledah ditemukan barang bukti sabu-sabu siap pakai,” ujarnya.

Kepada petugas, tersangka mengaku sabu itu miliknya dan diperoleh dari seseorang berinisial IDM.

“Ketika dilakukan pengembangan, IDM keburu kabur. Selanjutnya tersangka dan barang bukti diboyong ke Mako Sat Narkoba Polres Tanjungbalai,” pungkasnya. (per/ck04/rah)