News

3 Ribu Warga Terancam Terisolir di Sangkunur: Bupati Tapsel Minta Jembatan Segera Dibangun

FaseBerita.ID – Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu terus menunjukkan kepekaan yang tinggi terhadap kondisi ditengah warganya. Salah satunya, dengan meninjau langsung jembatan ambruk di Desa Batu Godang, Kecamatan Angkola Sangkunur, Senin (8/6).

Sebagaimana informasi yang diterima, jembatan menuju beberapa perkampungan di Angkola Sangkunur itu, rusak setelah dilalui truk pengangkut material.

“Pada hari Minggu lalu, jembatan dengan panjang 4 x12 meter yang sudah berumur sekitar 30 tahun, ini ambruk, setelah dilalui truk bertonase tinggi,” jelas Bupati.

Di sela peninjauan itu, Bupati langsung memerintahkan Kadis PUPR dan BPBD Tapsel agar segera mengambil langkah, untuk memperbaiki jembatan tersebut. Sehingga, dapat difungsikan kembali dan masyarakat bisa lewat dan bisa beraktifitas sebagaimana biasanya.

Langkah cepat yang ditempuh untuk menangani keterisoliran warga di 7 perksmpungan diseberang jembatan adalah, memanfaatkan jembatan balley yang berada di Desa Aek Natas, Kecamatan Angkola Selatan.

“Jembatan Desa Batu Godang ini menghubungkan tujuh dusun, yaitu Dusun Toko Padang, Dusun Koje, Dusun Durian, Dusun Situnggaling, Dusun Tanah Lapang, Dusun Gunung Pardomuan, Dusun Gunung Harapan yang jumlah penduduknya sebanyak 3.480 orang,” jelas Bupati.

Kepala Dinas PU dan PR Chairul Rizal Lubis mengatakan, jembatan balley yang ada di Desa Aek Natas, Kecamatan Angkola Selatan akan segera diproses pembongkarannya untuk dipindahkan mengatasi putusnya jalur menuju 7 dusun di seberang jembatan ambruk.

“Kita juga akan berupaya agar perbaikan jembatan ini tidak akan memakan waktu lama, sehingga kedepan masyarakat bisa beraktifitas kembali seperti biasanya,” pungkasnya.

Tokoh Masyarakat Desa Batu Godang Johari Dalimunthe mengucapkan, terima kasih atas respon yang cepat dan kepedulian yang tinggi dari Bupati Tapsel.

“Kami doakan semoga Bapak diberi kekuatan dan kesehatan serta kecerdasan dalam memimpin Tapanuli Selatan yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala BPBD Tapsel Ilham Suhardi, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, Camat Angkola Sangkunur M. Tohir Pasaribu, Kabid Kedaruratan dan Logistik Hotmatua Rambe dan Sekdes Desa Batu Godang. (ran)