News

3 Paslon Kada Sibolga Ikut Debat Publik

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan umum (KPU) Kota Sibolga bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Sibolga Menyelenggarakan Debat Publik atau Debat Terbuka 3 Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga pada Sabtu (7/11) mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Acara yang digelar di RRI Sibolga itu mengambil tema Peningkatan Pelayanan Publik dan Memajukan Daerah untuk Kesejahteraan Rakyat Sibolga.

Debat publik ini dihadiri dan diikuti langsung oleh pasangan calon nomor urut 1 JP (Jamal-Pantas), pasangan calon nomor urut 2 ABADI (Bahdin-Edi Polo) dan Pasangan nomor urut 3 ASSED (Ahmad Sulhan-Edwar) serta membawa 4 orang tim pemenangan dari masing masing pasangan calon. Juga dihadiri Bawaslu serta Komisioner KPU Sibolga, di antaranya Ketua Khalid Walid, Salmon Tambunan, Afwan Nasution, Asa Dame SImanjuntak serta A Harahap yang disiarkan secara langsung oleh RRI Sibolga.

Ketua KPU Sibolga Khalid Walid saat membuka debat publik menyampaikan bahwa momen ini merupakan hari yang bersejarah bagi semuanya, terutama dapat menghadiri pelaksanan debat publik ini. Dan juga salah satu momentum yang penting dalam rangkaian proses tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tahun 2020.

“Pelaksanaan debat publik atau debat terbuka antar pasangan calon merupakan bagian dari tahapan pilkada yang diatur dalam PKPU nomor 11 tahun 2020 perubahan atas PKPU nomor 4 tahun 2017 tentang kampanye pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan /atau walikota dan wakil walikota serta PKPU nomor 13 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan /atau walikota dan wakil walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” jelasnya.

Oleh karena itu, kepada masyarakat Kota Sibolga, dirinya berharap agar debat publik ini yang merupakan salah satu upaya pendidikan politik, dimana pasangan calon akan menyampaikan visi, misi dan program kerjanya, dan juga penting bagi pemilih yang berdaulat serta sebagai referensi penting dalam melaksanakan hak konstitusionalnya pada hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 yang akan datang.

“Akhirnya kepada seluruh pasangan calon Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tahun 2020, kami mengucapkan selamat berdebat. Semoga semangat kebersamaan dan persaudaraan tetap terjaga dalam membangun Kota Sibolga Negeri Berbilang Kaum Perekat Umat Beragama yang kita cintai ini,” jelas dia.

Usai dibuka oleh ketua KPU Sibolga, dilanjutkan dengan debat publik yang dipandu oleh Dr Zulkarnain Nasution MA yang juga dosen Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara selaku moderator dalam debat kandidat ini. (mis)

iklan usi