News

23 Rumah di Laguboti Rusak Diterpa Hujan Es dan Angin Puting Beliung

FaseBerita.ID – Sebanyak 34 unit rumah rusak akibat terjangan hujan es dan angin puting beliung di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, sekira pukul 14.35 WIB Minggu (12/4).

Menurut salah seorang warga Desa Oppu Raja Hutapea Timur, Br Manurung (75) yang juga rumahnya ikut rusak akibat bencana tersebut mengaku, begitu terkejut dengan datangnya hujan es disertai angin puting beliung saat dianya tinggal seorang diri di rumah.

“Saya begitu terkejut dan takut sekali mendengar suara gemuruh angin kencang datang dari satu arah yakni dari depan rumah. Braakkk…!!! Atap rumah saya ambruk seketika itu ke arah samping rumah. Saya tidak mengalami apa-apa,” terangnya.

Camat Laguboti Pintor Pangaribuan SH saat dikonfirmasi, Senin (13/4), membenarkan peristiwa bencana hujan es dan angin puting beliung ini. Ia mengatakan, ada sembilan desa yang terkena dampak bencana ini dan mengakibatkan 34 unit rumah rusak.

“Kejadiannya pada Minggu sore sekira pukul 14.35 s/d 15.30 WIB. Kita langsung turun ke lapangan untuk mencek situasi dampak bencana hari itu juga. Bersama dengan warga lainnya, membantu para korban rumah rusak untuk membuat tenda darurat dan memperbaiki sebagian atap dengan seadanya untuk melindungi warga dari terpaan hujan. Peristiwa ini tidak ada mengalami korban jiwa,” terang camat.

Berikut 9 desa yang terkena dampak Hujan es dan angin puting beliung:
1. Desa Oppu Raja Hutapea 2 KK
2. Desa Oppu Raja Hutapea Timur 11 KK
3. Desa Sitangkola 1 KK
4. Desa Simatibung 4 KK
5. Desa Pardinggaran 10 KK
6. Desa Sibuea 1 KK
7. Desa Oppu Raja Hatulian 3 KK
8. Desa Sibarani Nasampulu 1 KK
9. Desa Tinggir Nipasir 1 KK.

(os/ahu)