News

210 Calon Haji Tapsel Berangkat 3 Agustus

TAPSEL, FaseBerita.ID – Sebanyak 210 calon haji dari Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), diagendakan berangkat ke Tanah Suci pada Sabtu, 3 Agustus 2019 nanti.

Pemberangkatan ini sesuai dengan nomor kelompok terbang (Kloter) 22, terbilang paling akhir jamaah haji yang berangkat dari Bandara Internasional Kualanamu.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapsel, H Makrup Siregar menerangkan, kloter 22 itu belum dipastikan. Namun pemberitahuan sebelumnya mereka terima dari Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Tapsel kebagian Kloter ke 22.

“Kloter belum pasti, namun rencananya dari Medan kloter terakhir kloter 22,” katanya, Rabu (19/6/2019) dari kantor Kemenag yang beralamat di Jalan Kenanga, Kota Padangsidimpuan itu.

Dari 210 calon haji dari Tapsel ini, jamaah tertua diketahui saat ini berusia 90 tahun. Jumlah calhaj tahun ini bertambah dari tahun sebelumnya. Tahun lalu hanya 186 orang.

“Yang tertua usia 90, warga Pargarutan Julu, Angkola Timur. Kalau tahun lalu calon jamaah ada 186 orang,” katanya menerangkan bila ada dua jamaah masing-masing satu orang dari Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah).

Untuk kesiapan jamaah haji dari Tapsel sendiri, kata Makrup, selain penyelenggaraan manasik haji, jamaah juga telah dilakukan pemeriksaan kesehatan sebanyak dua kali setiap sekaligus dengan vaksin meningitis.

“Terakhir nanti, sebelum berangkat. Akan dilakuka pemeriksaan kesehatan juga, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan. Pemeriksaannya dan vaksin itu dilakukan di Rumah Sakit Sipirok, dan ada juga di Puskesmas masing-masing karena padatnya rumah sakit,” pungkasnya. (san)