News

2019, Pemkab Asahan Bantu Perehaban 623 Unit Rumah Warga

KISARAN, FaseBerita.ID – Bantuan perehaban rumah atau yang populer dikenal dengan bedah rumah yang sudah dikerjalan oleh Pemkab Asahan sejak tahun 2013, sudah lebih melakukan perehaban tuntas sebanyak ribuan rumah. Saat ini, program tersebut masih tetap bergulir. Pada tahun 2019, sebanyak 623 unit rumah akan direhab.

Hal ini dikatakan Plt Bupati Asahan Surya Bsc, dalam acara Penyerahan dan Pencanangan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2019, di Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan, Selasa (6/8/2019) sore.

Disebutkannya, rumah merupakan kebutuhan dasar manusia. Selain sebagai tempat tinggal, rumah berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan.

Sayangnya, kebutuhan dasar ini belum terpenuhi seutuhnya akibat rendahnya daya beli, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Oleh karena itu, Pemkab Asahan terus mengoptimalkan dan memperluas pembangunan perumahan dan pemukiman yang didukung oleh suatu kebijakan, strategi dan program komprehensif serta terpadu.

“Dengan kualitas rumah yang baik, tentunya akan menghasilkan lingkungan yang sehat, serasi, harmonis, aman dan nyaman. Dengan program (BSPS) ini, hak dasar masyarakat kita harapkan terpenuhi,” ujarnya.

Surya memaparkan, program BSPS merupakan stimulan atau perangsang bagi warga kurang mampu untuk memperbaiki rumahnya yang rusak. “Diharapkan, beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumahnya berkurang, yang pada akhirnya akan mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Asahan,” sebutnya.

Surya menambahkan, Pemkab Asahan melalui Dinas Sosial telah menggulirkan program tersebut sejak 2013. Dalam kurun waktu 2 tahun, 2013-2014, sebanyak 819 unit rumah direhab. Pada 2017, melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), bantuan rehabilitasi rumah sebanyak 247 unit, dan 537 unit pada 2018.

Keberhasilan program ini akan menjadi tolok ukur dalam memberikan bantuan ke desa-desa lainnya di Kabupaten Asahan, pada masa yang akan datang dengan harapan penerima bantuan bisa memanfaatkan program ini dengan baik. (per/ahu)