News

2 Oknum Jaksa Terjaring OTT KPK

FaseBerita.ID –  Dua oknum jaksa yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada Jumat (28/6/2019) kemarin, yakni Kasubsit Penuntutan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta (YHE) dan Kasi Kamnegtibum (YSP) dilimpahkan ke Kejaksaan Agung.

Jaksa Agung Muda Intelejen (Jamintel) Kejaksaan Agung Jan Samuel Maringka mengatakan, Kedua jaksa itu akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai dugaan kasus penanganan penipuan investasi senilai Rp11 miliar yang sedang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

“Dua jaksa akan ditangani pendalaman lebih lanjut oleh Kejaksaan Agung, baik mekanisme etik, pengawasan, maupun pidana,” kata Jan Samuel, Sabtu (29/6/2019). Sebelumnya, wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif menuturkan, pelimpahan tersebut merupakan bentuk kerja sama antara dua lembaga penegak hukum. “Oleh karena itu, dari Kejaksaan Agung akan berupaya periksa lagi dan koordinasikan,” ujar Laode dalam konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (29/6/2019) malam.

Tiga orang yang sudah ditetapkan tersangka KPK yakni Asisten Bidang Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejati DKI Jakarta Agus Winoto, pengacara AVS, dan pihak swasta SPE, ditangani oleh KPK.

“Yang ditetapkan tersangka akan dikerjakan di sini (KPK),” katanya. Laode mengatakan, KPK selalu bekerja sama dengan Kejaksaan Agung dalam menangani kasus hukum. Sebab, hal itu merupakan bagian dari supervisi.

“Maka KPK merasa perlu untuk bekerja sama agar pencegahan dan pemberantasan korupsi itu bisa kerjakan secara bersama-sama. Penindakan korupsi kan bukan cuma KPK, tapi kepolisian, Kejaksaan, dan KPK,” ungkapnya. (pk)