News

2 Napi Melarikan Diri dari Lapas Siantar saat Tugas Tamping

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Simalungun melalui unit Jatanrasnya, harus kerja keras mengejar dua orang narapidana Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pematangsiantar yang melarikan diri, Kamis (22/8/2019) sekira pukul 17.30 WIB.

“Ya bang, sudah masuk laporannya dari pihak Lapas ke Polres. Kami masih dilapangan ini bang untuk melakukan pencarian kedua napi itu,” kata Kanit Idik I/Jatanras Satreskrim Polres Simalungun Iptu Hengki Siahaan, Jum’at (23/8/2019) sekira pukul 06.30 WIB, via seluler.

Informasi yang dihimpun, kedua narapidana yang telah melarikan diri itu yakni Eben Gultom (32) warga Kelurahan Parsaoran, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir dalam kasus tindak pidana pencurian. Dan Surya Darma Sitorus (34) warga Kelurahan Naga Pitu, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar.

Padahal, salah seorang napi Ebenejer Gultom tersebut dalam waktu yang tidak lama lagi, akan selesai menjalani masa hukumannya. Sedangkan Surya Darma Sitorus sedang menunggu proses Pembebasan Bersyaratnya (PB) dari Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Keduanya juga saat melarikan diri sedang dikaryakan oleh pihak Lapas sebagai Tahanan Pendamping (Tamping) petugas kebersihan diluar Lapas Klas IIA Pematangsiantar, Jalan Asahan KM VII, Kecamatan Siantar. Namun sayang, disaat kepercayaan diberikan oleh pihak Lapas itu dipergunakan keduanya untuk melarikan diri.

Diketahuinya kedua napi yang sudah bertugas sebagai Tamping Kebersihan selama 1,5 bulan melarikan diri itu, Kamis (22/8/2019) sekira pukul 14.00 WIB, saat petugas jaga hendak serah terima dengan petugas jaga baru, keduanya sudah tidak kelihatan lagi walau sudah dicari di sekeliling Lapas oleh petugas.

Kemudian, petugas jaga pun melaporkannya ke Kalapas Klas IIA Pematangsiantar yang selanjutnya melaporkannya ke Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, dan langsung memerintahkan anggotanya untuk mencari keberadaan kedua napi tersebut. (adi)