News

19 Anggota DPR dan 135 Pegawai dan Tenaga Ahli Positif Covid-19

JAKARTA, FaseBerita.ID- Angka penularan Covid-19 di lingkungan gedung DPR terus saja bertambah. Dari yang sebelumnya tercatata 105 orang. Saat ini totalnya sebanyak 154 orang dinyatakan positif Covid-19.

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengatakan dari data yang ia terima dari 154 orang yang positif Covid-19 tersebut, 19 orang adalah anggota dewan.

“Saya sampaikan kepada teman-teman media secara keseluruhan yang terdata di kami 154 orang secara keseluruhan,” ujar Indra di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (25/6).

Indra mengatakan, dari 19 anggota dewan yang positif Covid-19, 10 diantaranya sedang dalam proses pemulihan. Sehingga diharapkan mereka semua bisa sembah dari Covid-19 yang menyerangnya.

“Bahkan tadi pagi saya sudah ketemu dengan beberapa anggota dewan, kondisnya sudah berangsur membaik,” katanya.

Indra juga menjelaskan, selain anggota dewan, sebanyak 36 PNS DPR yang terpapar Covid-19, dua dinyatakan sembuh. Kemudian Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) sebanyak 44 orang dan delapan sudah sembuh, tenaga ahli 23 orang dinnyatakan positif, selanjutnya adalah 32 orang petugas kebersihan.

Menurut Indra, 154 orang yang positif Covid-19 tersebut tertular virus korona bukan di Gedung DPR. Melainkan mereka tertular berada di luar gedung parlemen.

“Jadi saya hanya memastikan bahwa klaster atau apalagi episentrum bukan di lingkungan Senayan pada umumnya, tapi pada umumnya di luar semua dan itu dalam monitoring kami,” katanya.

Indra, menuturkan petugas di lapangan juga rutin melakukan sterilisasi ruangan-ruangan dengan penyemprotan disinfektan. Masyarakat tidak perlu takut saat berada di gedung parlemen ini.

“Jadi enggak usah takut, saat ini rapat-rapat juga sudah diperketat dengan protokol kesehatan yang sangat baik, kami tetap lakukan sterilisasi setiap ruangan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar saat ini pihaknya mendapatkan laporan sampai saat ini sudah 105 terpapar Covid-19. Indra menjelaskan dari 105 tersebut diantarannya adalah 17 orang anggota DPR.

Indra mengimbah kepada pihak-pihak yang pernah melakukan kontak dengan orang positif Covid-19. Maka bisa untuk melakukan pengetesan. Pihaknya juga terus melakukan penelusuran kontak kepada para pegawai-pegawai DPR.

Indra mengatakan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi mengenai penanganan-penanganan di gedung parlemen ini. Misalnya Komisi I dan Komisi VIII DPR yang melakukan lockdown akan terus dievaluasi.(jp/fabe)