News

19.569 Warga Sumut Positif Covid-19: Satu Pasien Asal Tapteng Meninggal

FaseBerita.ID – Jumlah pasien positif COVID-19 di Sumatera Utara bertambah 74 orang dalam satu hari sehingga totalnya hingga Sabtu (16/1) lalu menjadi 19.569 orang.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah mengatakan, dari penambahan 74 orang, terbanyak dari Kota Medan.

Jumlah pasien terkonfirmasi di Medan, pada Sabtu (16/1) bertambah 49 sehingga totalnya 9.566 orang. “Masih terus ada penambahan pasien terkonfirmasi di tengah upaya pemerintah yang terus berupaya menekan dengan cara melakukan vaksinasi. Tanggal 16 Januari, ada penambahan 74 sehingga totalnya 19.569,” katanya.

Penambahan pasien terkonfirmasi diikuti juga dengan peningkatan angka kematian. Total angka kematian di Sumut mencapai 708 orang, setelah dalam satu hari pada Sabtu (16/1), ada satu pasien meninggal yang berasal dari Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

“Satgas Penanganan COVID-19 Sumut berharap jumlah warga yang terpapar COVID-19 bisa ditekan,” katanya.

Pelaksanaan vaksinasi yang dimulai 14 Januari diharapkan bisa menekan angka pasien positif.

Selain vaksinasi COVID-19, katanya, warga diminta menjalankan protokol kesehatan di tengah Pemprov Sumut juga memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat sejak 14-31 Januari lalu.

Sebelumnya pada Jumat (15/1) lalu, penambahan angka terkonfirmasi Covid-19 di Sumut sebenarnya sudah terlihat melonjak. Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, kasus baru positif corona bertambah 98 orang terhitung.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah menyebutkan, penambahan angka positif terbanyak diperoleh dari Kota Medan sebanyak 58 orang, dan Kabupaten Deliserdang 16 orang. Selebihnya, Sibolga 6 orang, Tapteng 5 orang, Tebing Tinggi 3 orang, Binjai, Karo, dan Dairi masing-masing 2 orang. Kemudian, Pematangsiantar, Tanjungbalai, Asahan, dan Pakpak Bharat masing-masing 1 orang.

Sementara itu, sambung Aris, angka kesembuhan bertambah 83 kasus baru. Paling banyak didapatkan dari Medan 59 orang. Sisanya, diperoleh dari Deliserdang 8 orang, Sergai 4 orang, Tebingtinggi 3 orang, Langkat, Toba, dan Batubara masing-masing 2 orang. Serta Pematangsiantar, Asahan dan Humbahas masing-masing 1 orang.(antara/smg/int)