News

17 Tahun pada 9 Desember Berhak Memilih Asal Punya E-KTP

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun terus berupa melindungi hak pilih seluruh warga Kabupaten Simalungun yang memenuhi syarat memilih dapat menggunakan hak suaranya pada Pilkada 2020 yang digelar 9 Desember mendatang.

KPU secara terus menerus mendukung gerakan rekam elektronik KTP bagi yang belum memiliki KTP, terutama menyasar pada pemilih pemula. Untuk syarat umur, warga yang berumur 17 tahun pada 9 Desember mendatang memiliki hak pilih.

Ketua KPU Simalungun Raja Ahab Damanik Didampingi Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Salman Abror mengatakan, berdasarkan Surat KPU RI, Nomor: 1017/PL.02.1-SD/01/KPU/XI/2020, Perihal Gerakan Mendukung Rekam KTP-el untuk Pilkada Serentak 2020, berbagai kegiatan dilaksanakan KPU Simalungun untuk mendorog warga melakukan rekaman KTP.

Diantaranya mengirim surat ke setiap pemilih, membuat spanduk dan baliho ajakan rekam KTP-el, memfasilitasi pemilih merekam KTP-el.

KPU juga memfasilitasi pemilih pemula termasuk Orlando H Purba yang pada Rabu 9 Desember nanti berusia 17 tahun melakukan perekaman KTP-el yang dilakukan Dukcapil di Kantor Camat Dolok Batu Nanggar, Senin (23/11).

“ Kita berharap semua yang memenuhi syarat secara umur terlindungi hak pilihnya. Syarat memilih dengan memiliki KTT elektronik. Maka kita imbau kepada semua warga Simalungun yang belum memiliki KTP elekteronik agar melakukan perekaman ke kantor kecamatan atau ke Disdukcapil Simalungun,” kata Salman.(rel/esa)