News

17 Papan Reklame Milik KPU Simalungun Diduga Jadi Ajang Bisnis Pribadi

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Papan reklame milik KPU Simalungun sebanyak 17 tiang di 17 lokasi di Kabupaten Simalungun diduga menjadi ajang bisnis pribadi.

Papan reklame yang didirikan semula untuk lokasi sosialisasi program KPU, kini dipasangi gambar-gambar bakal calon Bupati Simalungun. Padahal peruntukannya, papan reklame tersebut khusus untuk baliho KPU.

Sebagai buktinya, adanya beberapa gambar bakal calon Bupati Simalungun terpasang di papan reklame KPU tersebut di Kecamatan Raya.

Selain di Kecamatan Raya, juga ada di Kecamatan Panei dekat tanah lapang, Silimakuta, Kecamatan Siantar, Sidamanik, Pematang Bandar dan lainnya.

Salah satu warga mengaku marga Saragih kepada awak media ini menerangkan bahwa tahun 2015 silam, KPU Simalungun telah menganggarkan milyaran untuk pembangunan papan reklame di 17 titik se Kabupaten Simalungun untuk tempat baliho KPU.

Namun belakangan ini beralih fungsi menjadi ajang bisnis pribadi dengan pihak ketiga.

“Setahuku papan reklame dipasang tahun 2015 silam dengan anggaran milyaran rupiah, tapi saat ini beralih fungsi, kok banyak gambar bakal calon Bupati di papan reklame milik KPU,” jelasnya.

Menurut informasi dihimpun, biaya sewa pemasangan baliho di papan reklame KPU itu sebesar Rp5 Juta, jika gambar dipasang timbal balik dengan kurun waktu sebulan.

Hal itu diutarakan seorang warga Kecamatan Raya, berinisial MS saat ditanyai awak media ini.

“Infonya, satu gambar Rp 2,5 Juta, tapi satu papan timbal balik jadi Rp 5 juta,” imbuhnya.

Sementara Komisioner KPU Simalungun Salman Abror, mengaku tidak mengetahui soal papan reklame milik KPU yang digunakan oleh pihak ketiga. Namun diakuinya, dirinya pernah mendengar ada pendirian papan reklame dimasa periode komisioner sebelumnya. (Mag05)