News

15 Wilayah Berpotensi Alami Karhutla

FaseBerita.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut ada sejumlah wilayah di Indonesia yang masuk kategori potensial kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Iklim BMKG, Supari mengatakan, potensi terjadinya karhutla di 15 wilayah harus diwasapadai hingga Agustus mendatang.

“Ada di Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, NTB, NTT, dan Jawa,” kata Supari di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Rabu (31/7).

Sementara di wilayah tersebut berpotensi mengalami karhutla akibat kekeringan, di Papua Barat dan Papua justru berpeluang diguyur hujan lebat. Supari menuturkan, kemungkinan itu akan terjadi dari 31 Juli hingga 5 Agustus.

Masyarakat di wilayah itu pun, kata Supari, diimbau untuk berhati-hati karena hujan tersebut disertai badai dan petir.

“Disertai kilat dan angin kencang, jadi masyarakat diimbau berhati-hati,” ucap Supari.

Lebih lanjut, Supari juga menyebut sepanjang Juli 2019 ini curah hujan di Indonesia umumnya memang terjadi di bawah normal. Namun pada Agustus 2019, curah hujan di beberapa wilayah diperkirakan akan kembali normal. “Itu ada di Sumatera bagian selatan, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Bali,” pungkasnya. (jpg)

iklan usi