News

14 Tahanan di Polsek Kualuh Hulu Ikuti Rapid Test

FaseBerita.ID – Pemeriksaan melalui cek darah ini, Tim Gugus Tugas Covid-19 RSUD Aek Kanopan beserta personel Polsek Kualuh Hulu melaksanakan rapid test terhadap tahanan Polsek Kualuh Hulu, Selasa (9/6).

Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan para tahanan dan sebagai langkah untuk penanggulangan penyebaran Covid-19 di Mako Polsek Kualuh Hulu. Pelaksanaan Rapid Test Covid-19 dilakukan di ruangan tahanan Polsek Kualuh Hulu. “Hasil dari rapid test, semuanya non reaktif. Tidak ada satupun tahanan yang hasil tesnya mengarah ke Covid-19,” ujar Kapolsek Kualuh Hulu AKP Sahrial Sirait.

Menurutnya, rapid test terhadap 14 tahanan tersebut, selain untuk mengetahui kondisi kesehatan tahanan, sekaligus sebagai syarat sebelum dilimpahkan ke proses penuntutan. Dari 14 tahanan yang menjalani Rapid Test Covid-19 diantaranya 8 orang tahanan Reskrim Polsek Kualuh Hulu yaitu, Sabar Purba, Heri Sukoco Panjaitan alias Ucup, Khairuman, Sofian Efendi Tambunan, Adi Setiawan als Dedek, Dian Syahputra alias Dian, Abdul Aziz alias Aziz, Marolop Jhonpiter Situmorang alias Lae Besar.

Selain itu, status tahanan Kejari Rantau Prapat yang dititip di Polsek Kualuh Hulu ada 6 orang yaitu: Sarif Husin Tanjung, Luhut Pardede, Prayuda, Raden Hartono, Sahrial Marpaung, Sahmin Tanjung.

Adapun tujuan dilakukan RAPID TEST covid -19 adalah untuk memastikan bahwa para tahanan tersebut dalam keadaan sehat wal a’fiat dan sebagai persyaratan agar para tahanan tersebut memenuhi persyaratan untuk di tempatkan di Lembaga Pemasyarakatan di Rantauprapat. “Proses pelimpahan tersangka (tahanan, red) tahap dua ke Kejari Rantauprapat, harus dilampiri dengan hasil rapid test. Karenanya sebelum kami limpahkan, mereka terlebih dahulu dilakukan rapid test,” jelas Polsek Kualuh Hulu.

Kegiatan rapid test sendiri, dikatakan AKP Sahrial Sirait, dilakukan di Polsek Kualuh Hulu Yakni bekerjasama dengan Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Pemkab Labura. Dari hasil rapid test selanjutnya akan dilampirkan pada berkas acara pemeriksaan (BAP) tersangka, baru kemudian dilimpahkan ke Kejari.

“Setelah ini berkas perkaranya akan kami lengkapi, sehingga dalam minggu ini bisa langsung dilimpahkan ke Kejari Rantauprapat”, tandas Kapolsek Kualuh Hulu. (st/rah)