News

12 Perempuan Berlaga di Pilpanag Simalungun

FaseBerita.ID – Sebanyak 12 perempuan dan 206 pria, calon pangulu pemilihan pangulu nagori serentak tahun 2019 di Simalungun, akan bertarung meraih suara warga, Rabu (12/6), besok.

Ketua Panitia Pilpanag tingkat Kabupaten Simalungun Marolop Silalahi, Senin (10/6) mengatakan, 61 nagori di 27 kecamatan akan melaksanakan pilpanag serentak, dan tahapannya saat ini menunggu pemungutan suara.

“Kita mengimbau agar para calon, tim sukses dan warga untuk tetap menjaga situasi yang kondusif di daerah masing-masing. Untuk pengawas masing-masing dilakukan uspika,” kata Marolop Silalahi.

Marolop juga mengingatkan panitia agar bekerja sesuai tugas masing-masing, profesional dan independen.

Diterpa Isu Politik Uang

Menjelang pelaksanaan pemungutan suara pilpanag serentak di Simalungun, menyebar isu politik uang. Tidak tanggung-tanggung, untuk satu suara dihargai hingga ratusan ribu rupiah.

“Kita berharap pihak terkait melakukan pengawasan ketat terhadap semua calon dan tim suksesnya. Jika memang ada yang bermain uang dalam pemilihan pangulu ini, polisi agar bertindak dan sicalon harus didiskualipikasi,” kata R Saragih, salah satu warga di Kecamatan Siantar.

Menurut Saragih, politik uang dalam setiap pemilihan merupakan rahasia umum. Tapi pelakunya jarang tertangkap.

“Kita berharap terpilih pangulu yang benar-benar karena kinerja dan profil yang baik, bukan karena uang,” katanya.(esa)

USI