News

12 Pelaku Pungli Parkir di Parapat Diamankan

FaseBerita.ID – Dinilai meresahkan pengunjung kota wisata Parapat, 12 pria yang berperan sebagai juru parkir, penanggungjawab dan kordinator diamankan unit Jatanras Polres Simalungun, Minggu (9/6/2019).

Setelah dilakukan pembinaan, para pelaku kemudian dilepas.

“Memang ada kita amankan mereka, selanjutnya kita lakukan pembinaan kepada mereka dengan membuat surat pernyataan dari mereka yang berisikan tidak akan mengulangi perbuatannya”, kata Kanit Jatanras Satreskrim Polres Simalungun Iptu Hengki Siahaan, Senin (10/6/2019).

Menurut Hengki, para pelaku diamankan menindaklanjuti laporan masyarakat yang merasa dirugikan. Personel Jatanras Polres Simalungun kebetulan bertugas di Parapat dalam Tim Pospam Idul Fitri 1440 H.

Disayangkan Warga

Informasi hukuman ringan bagi para pelaku Pungli parkir di Parapat disayangkan oleh warga. Menurut warga, tindakan pelaku sudah sangat meresahkan warga Parapat dan para pengunjung. Karena tindakan tersebut, selain melanggar hukum karena pungutan liar, juga merugikan dunia pariwisata Parapat secara menyeluruh.

“Kita mengapresiasi tindakan cepat pihak Polres Simalungun dengan mengamankan para pelaku, serta semua yang terlibat. Tapi jika hanya membuat surat pernyataan, lalu dilepas, efek jeranya tidak kuat,” kata seorang pria bermarga Sirait di Parapat.

Informasi dihimpun, para tersangka diamankan dari Lapangan Parkir Open Stage Pagoda Parapat Kelurahan Tigaraja, Lapangan Parkir di Pesanggarahan Bung Karno depan Hotel Pora-pora dan lokasi parkiran ketiga di Pantai bebas Parapat. Para pelaku tidak mengantongi izin memungut parkir dari pemerintah kabupaten Simalungun.

Mereka mengenakan tarif Rp60 ribu untuk kendaraan roda 6, Rp20 ribu bagi kendaraan roda 4 dan Rp 5 ribu untuk sepedamotor.

Di areal parkir Pesanggrahan Bung Karno Jalan Pora-pora, diamankan FNS (43) alamat Jalan Haranggaol Kelurahan Tigaraja, PS (36) alamat jalan Bukit Barisan Tigaraja, MS (46) berperan sebagai kordinator parkir, beralamat di Jalan Josep Sinaga. Diamankan barang bukti uang sebesar Rp402.000.

Sementara di Lapangan Pagoda Openstage Kelurahan Tigaraja diamankan VRS (31) berstatus ASN dan menjabat sebagai Lurah Tigaraja, RPS (35), P (38), dan SH warga Pekan Tiga Raja. Dari para tersangka ini diamankan barangbukti berupa uang tunai total Rp817.000. Di Pantai Bebas Parapat, diamankan EM, TR, LT, AT, JM dan WS, berikut uang hasil kutipan parkir Rp1.756.000. (esa)