News

12 Orang Ditetapkan Tersangka Kasus Pengeroyokan di Simalungun

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – 12 orang kini ditetapkan sebagai tersangka akibat peristiwa pengeroyokan terhadap Surya Ganda (20) warga Desa Payalombang, Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, yang dituduhkan hendak melakukan pencurian sepedamotor pada Selasa (25/5) sekira pukul 20.45 WIB lalu, yang terjadi di Huta IV Dusun Pining II, Nagori Bosar Galugur, Kecamatan Tanah Jawa.

Hal tersebut diungkapkan Kapolsekta Tanah Jawa Kompol Selamat Manalu saat menggelar press release di Aula Wira Pratama Mapolsekta Tanah Jawa, Jalan Lintas Pematangsiantar-Tanah Jawa, Nagori Balimbingan, Kecamatan Tanah Jawa, Senin (31/5) sekura pukul 16.45 WIB, didampingi Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP Rachmat Aribowo SIK dan Kanit Reskrim Polsekta Tanah Jawa Iptu JW Saragih.

Dijelaskannya bahwa Kedua belas tersangka itu yakni, RS (32), JS (21), GWG (20), RT (24), BS (47), AS (34), BN (21), RPS (21), TS (55), HBB (53), SS (31), dan SH (46) semuanya adalah warga Nagori Bosar Galugur, Kecamatan Tanah Jawa, yang saat ini sudah berada di RTP Mapolsekta Tanah Jawa berikut barang buktinya.

Terkait kronologis kejadian diterangkan Kapolsek, bahwa Selasa (25/5) sekira pukul 20.00 WIB, MS mendengar ada suara di depan rumahnya yang saat itu sedang terparkir sepedamotor dan mobil miliknya. Dan pelaku melihat seseorang sedang memegang stang sepeda motornya. Kemudian, MS pun berteriak membuat orang yang dicurigai tersebut langsung melarikan diri, sementara itu warga pun berkumpul.

“Jadi malam itu warga pun langsung melakukan pencarian hingga akhirnya ada warga mendengar suara handphone di kawasan perladangan jagung yang ternyata berasal dari milik korban, dan akhirnya korban pun diamankan dan dibawa ke rumah MS untuk memastikan apakah benar orang yang diamankan itu yang dimaksud”, kata Kapolsek lagi.

Saat itu MS membenarkan bahwa orang yang diamankan itu adalah orangnya. Mendengar itu, warga pun marah dan secara spontan melakukan aksi massa terhadap korban hingga korban babak belur. Untung Polisi cepat datang ke lokasi kejadian dan langsung melakukan pengamanan terhadap korban dan diboyong langsung ke RS Balimbingan, hingga akhirnya setelah dirujuk ke RSUD Djasamen Saragih Pematangsiantar, Kamis (27/5).

“Setelah kami lakukan rangkaian penyelidikan akhirnya 12 orang ditetapkan sebagai tersangka untuk sementara ini. Pasal 170 KUHPidana pasal 351 KUHPidana dengan ancaman hukuman 12 tahun”, tutup Kapolsek.

Sementara itu secara terpisah, Kanit Reskrim Polsekta Tanah Jawa Iptu JW Saragih SH memberikan pesan kepada masyarakat agar jangan main hakim sendiri. Jika menemukan adanya suatu tindak pidana langsung menyerahkannya kepada pihak kepolisian terdekat. Jadikan permasalahan yang terjadi hari ini menjadi pengalaman yang terbaik.(adi/fabe)