News

10 Tahun Rusak, Warga akan Orasi di Kantor Bupati

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Merasa jenuh terhadap janji-janji pemerintah, warga Nagori Panombeian Huta Urung, Kecamatan Jorlang Hataran kecewa dan akan orasi unjuk rasa (Unras) ke Kantor Bupati Simalungun dan DPRD Simalungun.

Hal tersebut diutarakan Kristianus Naibaho selaku koordinator aksi kepada awak media ini, Jumat (19/7/2019) sekira Pukul 13.00 WIB.

Kristianus Naibaho menerangkan bahwa pihaknya bergabung dengan masyatakat akan melakukan aksi unjuk rasa (unras) ke DPRD Simalungun dan Ke Kantor Bupati Simalungun, Selasa (23/7/2019) mendatang.

“Unras itu bentuk kekecewaan kami dan menuntut supaya dilakukan perbaikan jalan pengaspalan, drainase dari Nagori Banua Toru dan Jorlang Hataran menuju Balata dan mengembalikan komunitas tanaman sawit menjadi tanaman teh di sekitar lingkungan PTPN 4 menuju Unit Birong Ulu,” ujarnya.

Selain itu, warga juga menuntut supaya memperbaiki segala kerusakan dampak lingkungan akibat tanaman sawit seperti perbaikan drainase, gorong gorong saluran miring dan tembok penahan.

Kristianus Naibaho menjelaskan masyarakat sudah terlalu jenuh menanti perbaikan jalan tersebut sudah 10 tahun tidak ada perbaikan jalan sepanjang 10 Km di Nagori Huta Urung.

Hak senada disampaikan warga, U Nababan mengatakan bahwa Bupati Simalungun sudah menginjakkan kakinya di Nagori Banua Toru Pada tahun 2015 waktu meninggalnya Almarhum Jonny Saragi.

“Bapak Bupati Simalungun JR Saragih sudah berjanji akan membangun menganggarkan Rp 17 milliar tapi Sampai sekarang belum terealisasi, maka kami akan unjuk rasa akan membawa massa sekitar 200 orang,”cetusnya.

U Nababan berharap dengan adanya nanti Unras yang akan dilaksanakan, pihaknya bersama masyarakat mendapat respon yang baik dari Bupati Simalungun.

“Tindakan seperti ini harus dilakukan, kampung kita tak pernah diperhatikan, masyarakat berharap aksi yang akan datang terealisasi dan masyarakat berharap bapak Bupati JR Saragih harus menepati janjinya di hadapan Masyarakat,” pungkasnya.

Terpisah Camat Jorlang Hataran Richard Girsang saat dikonfirmasi melalui selulernya, membenarkan ada rencana unjuk rasa tersebut. “Informasi yang saya dapat juga ada rencana unjuk rasa ke Raya tapi entah jadi, lihat nantilah,” singkatnya. (tom/pra)

USI