News

10 Rumah Ludes Terbakar di Porsea: Kerugian Sekitar Rp1,5 Miliar

TOBASA, FaseBerita.ID – Sepuluh unit rumah ludes dilalap si jago merah tepatnya di Desa Simpang Sigura-gura, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir, Kamis (23/5) sekira pukul 01.30 WIB.

Kesepuluh rumah terbakar tersebut adalah milik Master Sirait (47), Rena Sinurat (70), Tarida Napitupulu (70), Beres Situmorang (43), Marupa Tampubolon (50), Busmin Siahaan (60), Rita Julu Sirait (60), Marudin Sirait (49), Tialam Nadapdap (70) dan Ade Supratman (45).

Informasi yang dihimpun dari Kepala Desa Simpang Sigura-gura Syawal Manurung mengatakan bahwa api bermula dari lantai dua rumah milik Marupa Tampubolon. Tidak berapa lama api tersebut begitu cepat membesar sehingga api merembet ke rumah warga lainnya. Dan tidak menunggu lama, sebanyak empat unit Pemadam kebakaran Pemkab Tobasa tiba ditempat kejadian untuk melakukan pemadaman.

“Begitu cepat api membesar dan langsung merembet ke rumah warga lainnya. Sehingga warga tidak bisa berbuat apa-apa selain hanya menyaksikan api melalap rumah warga sebanyak sepuluh unit,” terangnya.

Menurutnya, pemadam kebakaran segera melakukan penyiraman rumah dekat kebakaran, supaya tidak merembet dan menambah jumlah rumah terbakar, karena api sangat besar. Tidak beberapa lama, akhirnya api berhasil dipadamkan.

Camat Porsea Robert Manurung saat dikonfirmasi di lokasi kejadian mengatakan atas peristiwa tersebut sepuluh unit rumah ludes terbakar, satu unit mobil jenis kijang boks, lima unit sepedamotor dan barang berharga lainnya. Tidak ada korban jiwa. Kerugian diperkirakan  mencapai Rp1,5 miliar.

“Kita belum bisa pastikan api berawal dari mana, apakah dari arus pendek listrik atau lainnya. Pihak BPBD Tobasa sudah menyiapkan tenda untuk tempat para korban kebakaran. Mudah-mudahan Pemkab Tobasa segera memberikan bantuan lainnya terhadap korban kebakaran,” ujarnya. (os/osi)