Lipsus

Pembuktian Inteligensi Paling Penting

Ada Saja yang Ragu karena Saya Perempuan

Dr (Cand) Sariguna H Simanjuntak ST MT, Kepala UPT Cipta Karya Pematangsiantar Dinas SDA, Cipta Karya, dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara

Eva Wahyuni-Pematangsiantar

Berbincang dengannya tak pernah membosankan. Ada saja pembahasan menarik yang menjadi topik obrolan.  Seperti siang itu, saat penulis menemuinya di ruang kerjanya, di kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Cipta Karya Pematangsiantar Dinas SDA, Cipta Karya, dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Jalan Merdeka Pematangsiantar.

Sariguna H Simanjuntak ST MT, itu nama lengkapnya. Perempuan berambut panjang ini tengah mengambil studi Strata Tiga (S-3) jurusan Ilmu Arsitektur dan Perkotaan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU).

“Doctor candidate?” tanya penulis.

“He he he… Ya, saya suka belajar. Nggak harus formal. Belajar bisa di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa aja,” katanya penyuka warna hijau ini.

Sari, demikian ia biasa disapa, merupakan anak Siantar. Lahir dan besar, serta menghabiskan masa sekolahnya mulai SD hingga SMA di kota terbesar kedua di Sumut ini.

“Jadi saya Siantar Man. Makanya, jadi kebanggaan tersendiri bagi saya karena ditempatkan bertugas di kota kelahiran saya sendiri,” kata alumni SMA Negeri 4 Pematangsiantar ini  lagi.

Lulus SMA, anak kedua dari enam bersaudara ini melanjutkan pendidikannya di Universitas Katolik St Thomas Medan, jurusan Teknik Sipil. Ia merasa tertantang untuk kuliah di jurusan teknik sipil karena sejak sekolah sangat menyukai pelajaran matematika.

Setelah meraih gelar S-1, Sari mengikuti ujian peneriman Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu). Dan, lulus.

“Itu tahun 2002. Baru pertama kali ikut tes, langsung lulus. Saya pun kemudian ditempatkan di Kabupaten Tapanuli Tengah,” kenang Sari, yang mengaku sangat bersyukur bisa lulus CPNS secara murni.



Pascasarjana

Unefa
1 2 3 4 5Laman berikutnya
Back to top button