Lipsus

Masa Kecil Orang Terkaya Ketiga Dunia yang Penuh Lika-liku

Pada tahun 195-1956, Warren adalah seorang salesman di sebuah investment fund. Pada tahun 1956, ia memiliki uang mencapai US$ 174.000 dan rumah. Di sinilah dirinya memutuskan untuk berhenti bekerja, pria yang pada saat itu berusia 26 tahun pun mulai mengasah kembali keahliannya sebagai pialang saham.

Dia masih memegang ucapannya sebagai jutawan di usia 30-an tahun. Dirinya pun mendirikan perusahaan yang diberi nama Buffet Partnership Ltd.

Dalam menjalankan perusahaanya, ada sebuah momen yang pertama dan paling dikenal serta berpengaruh dalam hidupnya adalah mengakuisisi Berkshire Hathaway pada tahun 1964. Berkshirer hathaway merupakan bisnis yang paling menguntunkan dengan pendapatan jutaan dolar, memiliki 12.000 karyawan, dan 15 pabrik.

Namun, Warren menutup sebagian usaha Berkshire Hathaway dan fokus mengembangkan perusahaan dengan mulai berinvestasi. Pertama kalinya, Warren membeli aset sebuah perusahaan media yaitu The Washington Post, lalau ada perusahaan migas yaitu Exxon, dan perusahaan asuransi yaitu GEICO. (dtc/int)



Laman sebelumnya 1 2 3