Lipsus

Jos Darmawan, Koleksi 200-an Mobil Kuno dan Kenangan yang Tak Bisa Dibeli

Begitu jatuh cinta dengan sebuah mobil kuno, Jos Darmawan akan menomorduakan harga dan kondisi fisik serta mesin. Ada koleksi yang baru bisa dia peroleh setelah berjuang selama enam bulan.

FERLYNDA PUTRI, Gianyar

KALAU Anda pusing karena memiliki utang, coba cari mobil kuno. Bukan untuk membeli, tapi cukup memandangi. Bentuknya. Warnanya. Siapa tahu bisa ketawa sendiri.

Jos Darmawan sudah membuktikan sendiri: it works! “Setiap saya touring, pasti orang-orang melihat. Tidak ada tuh yang cemberut, pasti tersenyum,” tutur Jos saat ditemui di Kebon Vintage Cars, Gianyar, Bali.

Pria 60 tahun itu adalah kolektor mobil lawas yang sudah tergolong level “dewa.” Koleksinya mencapai 200-an mobil.

Jumat dua pekan lalu (22/3) Jos mengajak Jawa Pos menengok koleksinya yang ditempatkan di Kebon Vintage Cars. Juga, di garasi lain, di sebuah lahan tak jauh dari Kebon Vintage Cars.

Namanya memang kebon atau kebun. Tapi, bukan pepohonan yang menghuni lahan seluas 500 meter persegi itu. Melainkan, mobil beragam bentuk dan jenis. Ada bemo, ada Chevrolet Deluxe. Ada juga truk ZIL yang biasa digunakan mengangkut batu. Yang paling mahal adalah Dodge Brothers keluaran 1920.

Dodge Brothers koleksi termahal milik pengusaha resto dan sejumlah bidang usaha lain itu. Tak seperti yang lain, mobil keluaran Amerika tersebut ditutup cover. Maklum, letak Kebon Vintage Cars dekat dengan laut sehingga dapat mempercepat karat pada mesin dan bodi mobil.



Pascasarjana

Unefa
1 2 3 4 5Laman berikutnya
Back to top button