Lifestyle

Wulan Menthari Putri RY: Terlatih Spa Bayi dan Ibu

Sebagai bidan, tentu saja Wulan Menthari Putri RY terbiasa menangani persalinan, dan merawat bayi serta ibu yang baru melahirkan. Namun ada lagi keahlian gadis yang akrab disapa Wulan ini. Ia terlatih melakukan massage (pijat) dan juga spa terhadap bayi dan ibu.

Perempuan yang tengah menyelesaikan studi Strata Dua (S-2)-nya di Institut Kesehatan Helvetia Medan ini memang telah mengikuti pelatihan Baby and Mom Care yang digelar Medical Online Indonesia (MOI) di Medan, akhir Oktober lalu. Tak cukup, anak ketiga dari empat bersaudara itu mengikuti pelatihan lanjutan khusus prenatal yoga atau senam yoga untuk ibu hamil.

Setelah menyelesaikan pelatihan tersebut, alumni Poltekkes Kemenkes Medan Prodi Kebidanan Pematangsiantar ini membuka Afiah Baby and Mom Spa. Yang unik, jasa yang diberikan Wulan tersebut dilakukan secara home visite.

“Jadi Wulan memang tidak membuka lokasi khusus. Wulan memberikan pelayanan jasa secara home care. Siap membantu baby, ibu hamil, dan ibu menyusui,” terang lulusan SMA Sultan Agung Pematangsiantar ini.

Home care merupakan bentuk pelayanan yang diberikan secara langsung kepada pasien atau klien dengan mendatangi rumahnya. Pelayanan yang diberikan, antara lain perawatan bagi ibu nifas (baru melahirkan), baby spa yaitu massage dan swimming (pijat dan berenang), dan pijat laktasi bagi ibu menyusui.

Wulan mengaku klien cukup menelepon atau chatting dirinya, dan ia akan mendatangi kediaman klien sesuai waktu yang telah disepakati. Untuk swimming bagi bayi, Wulan membawa sendiri kolam renang dari plastik plus pompanya.

“Wulan naik sepedamotor, bawa sendiri kolam dan pompanya. Kolam dipompa di rumah klien,” tukas wanita berhijab yang paling jauh melayani klien di Perumnas Batu 6 Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun.

“Kalau dari rumah Wulan di Jalan Batalyon, Perumnas Batu 6 sudah cukup jauh ya,” tukas buah hati dari pasangan suami istri Sugianto RY dan Hajiani Saragih itu.

Sedangkan untuk pemijatan, selain membawa sendiri minyak zaitun, juga dilengkapi musik untuk relaksasi.  Wulan biasa membawa loud speaker kecil yang nantinya dihubungkan ke handphone untuk mendengarkan musik.

Lebih lanjut dikatakan Wulan yang senang dengan anak-anak ini, saat masih duduk di bangku sekolah, sebenarnya ia tidak pernah terpikir menjadi bidan. Jika ditanya cita-citanya, ia selalu menjawab ingin menjadi dokter.

Namun setelah lulus SMA, Wulan merasa biaya kuliah di Fakultas Kedokteran sangat mahal. Apalagi, saudara-saudaranya juga masih bersekolah.

“Wulan juga nggak boleh egois kan… Jadi cita-cita itu Wulan lupakan,” sebut dara yang sempat menetap di Marelan, Medan ini saat sang ayah bertugas di sana.

Wulan bingung memilih harus kuliah di mana. Hingga suatu hari, ia menjalani perawatan gigi di tempat praktek salah seorang dokter gigi di Pematangsiantar. Ketika berbincang-bincang, dokter perempuan itu menyarankan Wulan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di Poltekes yang berada di Jalan Pane Pematangsiantar.

Wulan mengikuti saran dokter tersebut, dan lulus.

“Kebetulan di-support sepenuhnya oleh mama. Kalau papa sih membebaskan,” tandas Wulan yang kini bekerja sebagai bidan di salah satu tempat praktek dokter di Jalan Aru Pematangsiantar.

Sebagai anak gadis, Wulan mengaku lebih senang berada di rumah jika tidak sedang beraktivitas. Untuk refreshing, biasanya ia memilih camping bersama beberapa sepupunya.

“Biasanya camping di Taman Eden, Paropo, dan lainnya,” sebut Wulan yang memiliki impian memiliki Daycare untuk baby ini.

Saat ini, Wulan juga aktif di Pola Pertolongan Allah (PPA). Lembaga ini berupaya membumikan Tauhid, bahwa sukses tidak sekadar berikhtiar, namun juga diiringi kedekatan dengan Allah melalui doa.

Siapa sangka, Wulan yang kini berpenampilan serba tertutup dan anggun, ternyata merupakan mantan atlet Taekwondo. Bahkan ia sempat mengikuti sejumlah pertandingan hingga ke luar daerah.

“Waktu masih SMA ikut latihan Taekwondo. Sekarang nggak lagi,” ujar Wulan yang juga hobi berenang ini. (awa)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button