Lifestyle

Wisuda Sarjana S-1 STAI “UISU” 2021: Terus Berkarya Nyata bagi Bangsa dan Negara

SIANTAR, FaseBerita.ID– Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) “UISU” Pematangsiantar Drs H Mukhtar Lubis MM mengatakan, alumni STAI “UISU” harus siap berhadapan dengan perubahan-perubahan yang terjadi saat ini, apalagi dengan hadirnya Revolusi 4.0 yang menonjolkan revolusi teknologi informasi atau revolusi digital.

Hal itu diungkapkannya dalam pidato di hadapan Pembina, Pengurus dan Pengawas Yayasan UISU Medan, Kopertais Wilayah IX Sumut, dosen serta wisudawan-wisudawati usai mewisuda 109 mahasiswa-mahasiswi di Convention Hall Siantar Hotel, Rabu (15/12).

“Kalian semua adalah harapan. Di tanganmu ada harapan, di pikiranmu ada impian dan di hatimu ada masa depan, kalian semua adalah aset yang tak ternilai bagi orangtua, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya kepada 98 wisudawan-wisudawati dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan 11 orang dari Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) di acara Wisuda S-1 ke XXXI STAI “UISU” tersebut.

Untuk itu ia meminta kepada mahasiswa yang baru saja diwisuda untuk menjaga nama baik almamater. “Saya menitipkan nama baik almamater kita, di mana pun saudara berada dan dalam kegiatan apapun. Jangan sampai menodai nama baik almamater yang bisa merugikan kita dan masyarakat luas.”

Kepada orangtua wali dan keluarga wisudawan, ia juga mengucapkan selamat atas keberhasilan yang diraih putra/putri atau suami serta istrinya. “Kami berharap lulusan STAI “UISU” dapat terus berkarya memberikan manfaat dan kontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa dan Negara,” tukasnya.

Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Medan Prof Ismet Danial Nasution, drg, PhD, SP.Pros (K), FICD dalam pidato sambutannya yang dibacakan Prof Dr Mhd Asaad M.Si mengatakan bahwa wisuda sarjana yang digelar merupakan persembahan UISU kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Dia menjelaskan, STAI “UISU” Pematangsiantar bermula sebagai Fakultas Dakwah UISU pada tahun 1960 dan berganti menjadi STAI UISU pada tahun 1998 yang sampai kini memiliki tiga prodi. “STAI ‘UISU’ ini juga sudah memiliki jumlah lulusan 2.583 orang. Ini menunjukkan eksistensi UISU dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa,” katanya.

Sementara Sekretaris Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara Dr Zulkarnain MA pada kesempatan itu mendorong STAI “UISU” untuk membuka program S-2 dalam dua tahun ke depan. “Saya minta STAI “UISU” harus membuka program S-2 dalam dua tahun ke depan. Karena apa? Karena banyak warga Pematangsiantar dan Simalungun yang ingin melanjutkan S-2 di STAI “UISU”,” kata Zulkarnain.

Dijelaskannya, Kopertais Wilayah IX saat ini membina 34 perguruan tinggi Islam di Sumatera Utara. Di antara puluhan perguruan tinggi itu, banyak yang kondisinya sedang “sakit”.

“Tetapi STAI “UISU” Pematangsiantar ini kondisinya sehat terus. Tidak pernah sakit dan masuk ‘klinik’. Makanya jangan ragu bagi yang ingin berkuliah di STAI “UISU”,” ungkapnya diiringi tepuk tangan hadirin.

Ia juga memberi motivasi bagi wisudawan-wisudawati dengan empat relasi kehidupan manusia. Disebutkannya, bagi yang ingin sukses, bangunlah komunikasi dengan diri sendiri dengan mengetahui dan menganalisis potensi dan keunggulan diri sendiri. Kemudian membangun relasi dengan sesame, seperti memperpanjang silaturahmi dan kerjasama dengan siapapun tanpa melihat agama dan sukunya. Selanjutnya membangun hubungan dengan alam, serta terakhir membangun hubungan baik dengan tuhan.

Sebelumnya acara dimulai dengan pembukaan sidang terbuka senat STAI “UISU” oleh Ketua Drs H Mukhtar Lubis MM, dilanjutkan pembacaan Alquran oleh Melisa Purba dan pembacaan doa dibawakan Ketua MUI Simalungun H Abdul Halim Lubis LC SHI MM.

Usai upacara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta hening cipta dan menyanyikan hymne UISU, acara dilanjutkan dengan pelantikan sarjana. Acara yang juga dihadiri Rektor UISU Medan Prof Dr H Yanhar Jamaluddin MA ini digelar dengan menjalankan protokol kesehatan.(hez/fabe)