Lifestyle

Tips Merawat Kamera SLR dan Perangkatnya

Bagi fotografer, kamera diumpamakan sebagai anak yang wajib dirawat agar tetap baik dan berusia panjang. Merawat kamera apalagi SLR, tidak boleh sembarangan dan ada spesifikasinya.

Lantas bagaimana cara merawat kamera SLR agar tetap awet dan tak cepat rusak jika tidak digunakan?

Simpan di Drybox

Drybox adalah lemari penyimpanan khusus kamera dan perlengkapannya. Menyimpan di kamera di Drybox bisa membuat kamera jadi lebih awet karena suhunya stabil dan terhindar dari lembab yang menyebabkan kamera dan lensa tumbuh jamur.

Jika tidak mempunyai Dry Box, bisa juga disimpan di dalam tas kamera. Jangan biarkan kamera dan lensa disimpan terbuka.

Lepas Baterai dan Memori Card

Jika kamera SLR tidak dipakai, apalagi dalam waktu yang sangat lama, disarankan untuk melepas baterai dan memory card.

Hal ini penting agar kualitas baterai terjaga dan daya listrik baterai tidak mengalir terus-menerus ke kamera. Sedangkan melepas memory card supaya daya listrik baterai tidak merusak komponen kecil memory card.

Melepas Lensa

Selain melepas baterai dan memori card, melepas lensa juga bisa membuat kamera SLR awet meski tidak dipakai. Setelah melepas lensa, jangan lupa untuk menutup lensa dan kamera menggunakan lens cap.

Bersihkan Kamera dan Lensa Secara Rutin

Meski tidak dipakai, membersihkan kamera SLR berikut lensanya juga wajib dilakukan. Hal ini dilakukan agar debu-debu yang menempel tidak selamanya hinggap yang membuat kamera dan lensa baret maupun berjamur. (oz/int)