Lifestyle

Tabunglah Ilmu dan Berserah kepada Tuhan

FaseBerita.ID – Tabunglah ilmumu dan selalu berserah kepada Tuhan. Inilah yang selalu diajarkan dan ditanamkan Rico Harjono Simamora SPd (28) kepada dirinya maupun kepada murid-muridnya.

Berserah kepada Tuhan dalam keadaan senang maupun duka, selalu di setiap langkahnya selalu meminta doa restu kepada orang tua karena orang tua adalah Tuhan yang tampak.

Rico Harjono Simamora yang biasa dipanggil Rico ini bercerita kenapa dia selalu mengingat dan menerapkan tabunglah ilmumu dan berserah kepada Tuhan. Menurutnya bahwa kaliman itu memiliki makna yang cukup dalam dan luas.

“Kata-katanya singkat namun sangat mendalam. Kesuksesan itu tidak luput dari ilmu yang kita miliki dan berkat restu dari Tuhan. Menurut saya juga, ilmu itu tidak ada habisnya, kemanapun kita pergi ilmu itu sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Rico yang tinggal di Jalan tekukur Nomor 17, Kelurahan Timbanggalung, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar ini bercerita kalau kesehariannya mengajar di SD dan juga mengajar les sore.

“Tempat mengajar saya di SD Negeri 122400 Pematangsiantar dan kalau sorenya saya mengajar les di rumah Elim HKBP Pematangsiantar. Yang terpenting bagi saya, bagaimana saya bisa menyalurkan ilmu saya dan juga mengabdi,” ujar guru muda yang statusnya masih honorer ini.

Pria yang hobby bermain musik ini juga mengakui salah satu kendala dalam mengajar anak sekolah dasar itu karena kebanyakan anak-anak terlalu aktif di kelas. Tapi bukan aktif di pelajaran namun aktif ributnya saja.

“Kita selaku guru harus memiliki tingkat kesabaranlah melebihi kesabaran orang lain. Karena kendala yang selalu dihadapi itu kebanyakan anak-anak terlalu aktif akan tetapi bukan aktif di pelajaran namun aktif ributnya. Jadi di sinilah kesabaran kita itu diuji dan saya juga harus menemukan cara-cara ampuh untuk melakukan pendekatan kepada mereka,” ujarnya.

“Kesan saya selama mengajar cukup menyenangkan karena sebagai guru tidak cukup hanya memberi ilmu saja. Tapi di saat mengajar ada kesempatan untuk memahami pribadi anak- anak. Sebagai orangtua di sekolah harus memahami betul apa potensi anak. Memberi kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuannya,” tambahnya sembari meminta kepada orang tua siswa jangan pernah membatasi eksplorasi anak-anak dan harus didukung.

Tidak hanya itu saja, Rico juga bercerita kalau dirinya juga aktif di gereja sebagai pemuda gereja. Dia juga pernah menjadi ketua naposo bulung gereja dan pemain musik di gereja sampai saat ini.

“Hobby saya sebagai pemain musik itu, saya salurkan di gereja sebagai pemain musik gereja. Bagi saya, saat saya bermain musik di gereja tingkat kepuasan itu berbeda saat bermain musik di tempat lain,” ujarnya sembari mengatakan saat melangkah selalu meminta doa restu dari orang tua karena bagi dia orang tua itu adalah Tuhan yang tampak. (mag04)